Dari Papua, Timothy Jonathan David Ikut Audisi Koko Cici Jatim 2024

Dari Papua, Timothy Jonathan David Ikut Audisi Koko Cici Jatim 2024

Timothy Jonathan David Teguh, dari Papua ikut audisi Koci Jatim 2024. Timothy Jonathan David Teguh saat sesi interview dengan tim penilai Koci Jatim 2024. Ia merupakan peserta audisi yang berasal dari Papua.-Teddy Insani-HARIAN DISWAY

SURABAYA, HARIAN DISWAY - Lahir dan besar di Papua, Timothy Jonathan David Teguh mengikuti audisi pemilihan Koko Cici (Koci) Jawa Timur 2024. Ia lahir dan besar di lingkungan keluarga Tionghoa di kota tersebut lalu merantau ke Surabaya untuk berkuliah.

Timothy menyebut bahwa dalam keluarganya masih melestarikan tradisi Tionghoa. Seperti Imlek. "Lumayan kental adat Tionghoanya. Tapi kalau yang tradisional banget sudah jarang dilakukan. Yang masih melakukan adalah nenek saya di Papua," ujarnya.

Mahasiswa Petra Christian University jurusan IT asal Biak Numfor, Papua, itu mengetahui adanya pemilihan Koci Jatim 2024 dari rekan-rekannya.

BACA JUGA: Sesi Talent Show Audisi Koci Jatim 2024, Peserta Adu Penampilan Terbaik

"Kalau dengar tentang Koci sudah dari dulu. Tapi informasi audisinya saya dapatkan dari teman-teman. Karena sedang berada di Jawa Timur, saya ikut audisi Koci Jatim," terangnya.

Timothy Jonathan David Teguh, dari Papua ikut audisi Koci Jatim 2024. Timothy merupakan seorang peserta audisi Koci Jatim 2024 yang berasal dari Papua..-Timothy Jonathan David Teguh-HARIAN DISWAY

Timothy pun tertarik untuk ikut ajang Koci, dan dari ajang itu ia ingin turut berperan dalam melestarikan budaya Tionghoa, serta pariwisata di Jawa Timur.

"Sejak kuliah, saya sering mendatangi lokasi-lokasi di Jawa Timur, khususnya Surabaya, yang lekat dengan budaya Tionghoa," ungkap pria 19 tahun itu.

BACA JUGA: Begini Suasana Penilaian Audisi Koci Jatim 2024

Ia pernah berkunjung ke Masjid Cheng Ho, Kya-Kya, dan ke Kenjeran, melihat patung Buddha empat wajah. "Bahwa kebudayaan Tionghoa adalah bagian dari kebudayaan Nusantara yang kaya," ujarnya.

Baginya, banyak orang yang belum tahu tentang tradisi Tionghoa. Bahkan dari kalangan masyarakat Tionghoa sendiri. Pun, dirinya.

"Setelah saya belajar banyak hal, ternyata budaya Tionghoa itu sangat luas dan beraneka ragam. Banyak yang belum saya tahu," ungkapnya. Dengan mengikuti Koci Jatim 2024, ia ingin belajar aneka macam budaya Tionghoa dan pariwisata Jatim.

BACA JUGA: Pemilihan Koci Jatim 2024 Usung Tema Jade Treasure of East Java

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: