Prabowo Datangi Muhaimin, Indikasi PKB akan Kembali Berkoalisi

Prabowo Datangi Muhaimin, Indikasi PKB akan Kembali Berkoalisi

Presiden terpilih Prabowo Subianto bersalaman dengan Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar di kantor PKB, Rabu, 24 April 2024.-Dokumen PKB-

HARIAN DISWAY – Prabowo -  Gibran sudah dinyatakan sebagai presiden dan wakil presiden terpilih. Paska putusan MK dan pengesahan paslon nomor urut 2 tersebut, langkah partai politik hanya menentukan. Mereka bergabung dalam koalisi pemerintah atau berada di pihak oposisi.

Pengamat politik Igor Dirgantara mengungkap, potensi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) yang akan kembali bergabung dengan koalisi bersama presiden terpilih Prabowo Subianto usai Prabowo menyambangi Muhaimin Iskandar (Cak Imin) di DPP PKB, Rabu, 24 April 2024.

Menurut Igor, manuver politik partai akan semakin gencar dilakukan oleh partai politik untuk bergabung dalam kabinet pemerintahan Prabowo-Gibran periode 2024-2029. “Koalisi di Indonesia bukan soal ideologi tapi lebih kepada hal-hal yang pragmatis, yaitu "who gets what, when, and how,” kata Igor.

Khusus PKB, menurut Igor, bisa jadi benar apa yang dikatakan Prabowo beberapa waktu lalu bahwa “PKB akan hadir kembali.” Menurut Igor, kembalinya PKB tidak mengejutkan. Mengingat, pada awalnya memang berada di Koalisi Indonesia Maju sebelum akhirnya pindah ke Koalisi Perubahan bersama Nasdem untuk mengusung pasangan Anies-Muhaimin.

BACA JUGA:Malam-malam, Prabowo-Gibran Temui Jokowi di Istana

BACA JUGA:Pulang dari Penetapan Presiden di KPU, Prabowo Langsung Mlipir Kantor DPP PKB

“Kehadiran Anies - Muhaimin saat penetapan Presiden-Wakil Presiden terpilih oleh KPU juga mengonfirmasi peluang PKB dan Nasdem bergabung ke dalam pemerintahan Prabowo-Gibran nantinya,” lanjut Igor.

Ditambah lagi menurut Igor, mayoritas konstituen PKB memang lebih suka mereka bergabung di dalam Kabinet Prabowo-Gibran ketimbang berada di luar pemerintahan sebagai oposisi pemerintahan.

Prabowo pernah menyatakan bahwa PKB akan hadir kembali saat dideklarasikan sebagai oleh Partai Gelora pada 2 September 2023 silam. Kala itu Prabowo meyakini dan bersikap tenang bahwa ‘PKB akan hadir kembali’.

“Tapi tenang saja, mereka (PKB) akan hadir kembali, karena kita mengangap semua orang saudara kita," kata Prabowo.

BACA JUGA:Prabowo Ditetapkan Presiden Terpilih, Ucapkan Terima Kasih dan Ajak Anies, Muhaimin, Ganjar, dan Mahfud Untuk Bersatu

BACA JUGA:Alasan Anies-Muhaimin Hadiri Penetapan Presiden dan Wakil Presiden Terpilih di KPU

Bahkan, di akhir pidato politiknya, Prabowo sempat melontarkan pantun yang bermakna, Prabowo ingin teman lama tidak untuk dilupakan. “Satu dua cempaka biru, tiga empat dalam jambangan. Kalau ada teman baru, teman lama dilupa jangan," ucap Prabowo. (*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: