Tip Senam Haji Indonesia, Jamaah Wajib Lakukan Ini Agar Tidak Cedera

Tip Senam Haji Indonesia, Jamaah Wajib Lakukan Ini Agar Tidak Cedera

Jamaah antusias ikuti senam haji hari ini di Asrama Haji, Pondok Gede, Jakarta Timur. -disway.id/Sabrina Hutajulu-

JAKARTA, HARIAN DISWAY - Kementerian Agama (Kemenag) baru saja meluncurkan Senam Haji Indonesia di halaman Asrama Haji Pondok Gede Jakarta, Minggu, 28 April 2024.

Kemenag mengklaim gerakannya sederhana. Bisa dilakukan jemaah di manapun. Termasuk di rumah maupun ketika perjalanan di pesawat.  Sebab, jenis gerakan senam haji tergolong low impact (ringan dan lambat).

“Buka aerobik yang menguras tenaga. Harapannya bisa menjadi bekal jamaah sebelum berangkat haji, sehingga kondisi tubuh jamaah saat melaksanakan ibadah haji tetap bugar,” ucap Dirjen Penyelenggara Haji dan Umrah (PHU) Hilman Latief.


Calon jamaah haji mengikuti gerakan senam haji Indonesia. Salah satu gerakannya seperti melontar jumrah. --Media Center Haji

BACA JUGA: Kemenag Luncurkan Senam Ala Jamaah Haji Indonesia, Gerakannya Low Impact Aman bagi Lansia

Disisi lain, Kemenag juga melibatkan berbagai pihak dalam proses pembuatan gerakan senam. Mereka adalah tim Perhimpunan Kedokteran Haji Indonesia (Perdokhi) serta Perhimpunan Dokter Spesialis Kedokteran Fisik dan Rehabilitasi (Perdosri).

Sebagaimana diketahui, kuota jemaah haji Indonesia 2024  mencapai 241.000 jamaah. Dari jumlah tersebut, lebih dari 45 ribu jamaah masuk kategori lanjut usia (lansia). 

Apalagi jika berkaca pada penyelenggaraan haji tahun lalu. Ada lebih dari 770 jamaah haji yang yang dinyatakan meninggal dunia.

BACA JUGA: Tanpa Visa Haji Tak akan Bisa Berhaji, Kemenag: Masyarakat Jangan Tertipu 

"Kesehatan jemaah haji menjadi concern. Kita ingin jemaah haji berangkat dalam keadaan sehat, bisa menunaikan ibadah haji dengan baik, dan pulang ke tanah air juga dalam keadaan sehat," tukas Sekretaris Jenderal Kemenag M. Ali Ramdhan. 

Kendati gerakan senam haji Indonesia itu sederhana. Bukan berarti jamaah bisa melakukannya secara asal-asalan. Apalagi tanpa pemanasan akan beresiko cedera.

Dokter Irma Ruslina Devi SKKFR dari tim Perdosri dan Perdokhi memberikan tips agar senam haji bisa memberikan manfaat maksimal pada tubuh.


Dokter Irma Ruslina Devi SKKFR saat memberikan pengarahan kepada jamaah haji sebelum senam.-Tangkapan layar YouTube Kemenag RI-

"Senam ini melindungi dari cedera, meningkatkan kekuatan otot, dan meningkatkan kebugaran serta kekuatan tubuh apabila dilakukan secara rutin," ucap Irma.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: