30 April Diperingati Sebagai Hari Jazz Internasional, Ini Sejarahnya

30 April Diperingati Sebagai Hari Jazz Internasional, Ini Sejarahnya

30 APRIL diperingati sebagai Hari Jazz Internasional, ini sejarahnya. Foto: Musisi jazz Norah Jones menggelar showcase pada 2020.-NME-

HARIAN DISWAY - Pada pengujung bulan ini, 30 April, warga Indonesia dan dunia memiliki momentum yang dirayakan dan diperingati. Salah satunya adalah Hari Jazz Internasional.

Jazz merupakan genre musik yang berasal dari AS. Akarnya terbentuk pada awal abad ke-20. Awalnya dianggap sebagai musik warga kulit hitam yang dipandang rendah, jazz kini bertransformasi menjadi musik elite yang dengan bangga dibawakan berbagai kalangan. Jazz menjadi simbol kesetaraan dalam bidang seni, khususnya musik.

Selain Hari Jazz Internasional, ada beberapa hal lain yang diperungati setiap tanggal tersebut. Berikut di antaranya.

BACA JUGA:Hari Puisi Nasional 28 April Ini Terkait dengan Sosok Chairil Anwar, Masih Ada Pula Hari Puisi Indonesia

BACA JUGA:4 Peringatan Khusus pada 27 April, Ada Hari Healing Sedunia Sampai Hari Donor Sperma

Hari Keterbukaan Informasi Nasional


30 APRIL diperingati sebagai Hari Jazz Internasional, ini sejarahnya. Foto: Kantor Komisi Informasi di Jakarta.-Komisi Informasi-

Setiap 30 April, Indonesia merayakan Hari Keterbukaan Informasi Nasional (HAKIN). Sebuah momentum penting yang mendorong transparansi dan akuntabilitas pemerintahan. Peringatan ini diatur dalam Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik (KIP) yang ditetapkan pada tanggal yang sama di tahun 2008.

UU KIP terdiri dari 14 bab dan 64 pasal. Ia menjadi tonggak penting dalam memastikan akses yang lebih luas terhadap informasi publik. Ini adalah fondasi bagi masyarakat untuk terlibat dalam proses demokratis, yang memungkinkan mereka untuk memantau dan mengevaluasi kinerja pemerintah.

Ketua Komisi Informasi Provinsi DKI Jakarta, Harry Ara Hutabarat menegaskan bahwa UU KIP adalah pilar utama dalam membangun demokrasi yang sehat. "Kami menggarisbawahi tentang pentingnya kebebasan informasi sebagai hak asasi manusia yang mendasar," jelasnya.

BACA JUGA:Ada Apa Tiap 25 April? Ada Hari Malaria sampai Hari Penguin!

Sejak diberlakukannya UU ini pada 2010, badan publik telah berupaya meningkatkan infrastruktur untuk mendukung implementasi KIP. Masyarakat juga diberikan hak untuk mengakses informasi publik, memastikan bahwa transparansi dan akuntabilitas tetap menjadi landasan utama dalam menjalankan urusan pemerintahan.

Hal itulah yang menjadi bagian dari peringatan Hari Keterbukaan Informasi Nasional.

Hari Anak Sehat

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: