Ada Apa Tiap 25 April? Ada Hari Malaria sampai Hari Penguin!

Ada Apa Tiap 25 April? Ada Hari Malaria sampai Hari Penguin!

Tanggal 25 April memperingati hari apa? Ada hari malaria sedunia. --ilustrasi

HARIAN DISWAY - Setiap hari, selalu ada alasan untuk memperingati atau merayakan sesuatu. Baik di level dunia maupun nasional. Bagaimana dengan hari ini, 25 April?

Pada 25 April, juga ada beberapa momentum penting yang diperingati setiap tahunnya. Di Indonesia, kita Hari Otonomi Daerah. Kebetulan, tahun ini, peringatannya dipusatkan di Surabaya.

Sedangkan di level internasional, ada Hari Malaria Sedunia. Momentum ini diperingati untuk meningkatkan awareness masyarakat dunia terhadap penyakit yang disebabkan oleh nyamuk anopheles tersebut.

Selain Otoda dan malaria, ada apa lagi pada 25 April? Simak ulasan berikut ini.

BACA JUGA:Memperingati Hari Film Nasional, Ini 5 Film Pertama yang Diproduksi di Indonesia

1. Hari Otonomi Daerah


Jelang Otoda 2024 di Surabaya, sejumlah pengamanan mulai dilakukan Satpol PP Kota Surabaya.-Dok Pemkot Surabaya -Harian Disway

Konsep otonomi daerah merupakan upaya pemberian kewenangan kepada wilayah administratif tertentu untuk mengelola urusan pemerintahan dan pembangunan lokal sendiri. Sesuai dengan kebutuhan serta karakteristik daerah tersebut.

Prinsip ini telah ada sejak zaman kolonial Belanda di Indonesia. Pada 1903, Menteri Koloni IDF Idenburg mengeluarkan Decentralisatie Wet, yang pada dasarnya memberikan kewenangan yang cenderung memusatkan kekuasaan di Batavia. Langkah itu menjadi tonggak awal dalam pembentukan sistem otonomi daerah di Indonesia.

Pemberian hak otonomi kepada daerah-daeah di Indonesia diperkuat pada masa pemerintahan Presiden Soeharto. Pada 25 April 1996, dilakukan peresmian otonomi daerah di tingkat Daerah Tingkat II untuk mengurangi sentralisasi pemerintah pusat.

Keputusan itu juga menetapkan Hari Otonomi Daerah sebagai peringatan nasional, meskipun bukan merupakan hari libur. Penetapan itu dilakukan karena peristiwa implementasi otonomi daerah dianggap sebagai momentum kunci dalam sejarah pemerintahan Indonesia.

BACA JUGA:Presiden Jokowi Bagi-Bagi Satyalancana di Hari Otoda

BACA JUGA:6 Maret saatnya Memperingati Beberapa Momen, Ada Hari Pengangguran Internasional!

2. Hari Malaria Sedunia

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: