Ada Apa Tiap 25 April? Ada Hari Malaria sampai Hari Penguin!

Ada Apa Tiap 25 April? Ada Hari Malaria sampai Hari Penguin!

Tanggal 25 April memperingati hari apa? Ada hari malaria sedunia. --ilustrasi


ADA apa tiap 25 April? Ada Hari Malaria sampai Hari Penguin!-Shutterstocks-

Malaria merupakan penyakit yang ditularkan oleh gigitan nyamuk Anopheles betina. Penyakit itu masih menjadi ancaman serius di berbagai negara, termasuk Indonesia. Gejala umum malaria termasuk demam dan menggigil yang dapat berlangsung selama beberapa hari.

Pada 2021 saja, lebih dari 90 ribu kasus malaria telah tercatat di Indonesia. Bahkan, di Afrika Sub-Sahara, penyakit ini masih menjadi penyebab kematian bagi ratusan ribu orang setiap tahunnya.

Namun, terdapat kemajuan signifikan dalam upaya mengurangi jumlah kasus baru malaria. Targetnya, dalam dekade mendatang, angka kematian akibat malaria diharapkan dapat menurun hingga 90 persen.

Sejalan dengan hal ini, World Health Organization (WHO) menetapkan Hari Malaria Sedunia sebagai bagian dari upaya global untuk menyoroti pentingnya komitmen berkelanjutan dalam pencegahan dan pengendalian malaria.

Hari Malaria Sedunia memberikan kesempatan bagi individu dan organisasi untuk memberikan edukasi tentang pencegahan dan pengobatan malaria, serta memobilisasi dukungan dan donasi untuk program-program yang bertujuan untuk mengatasi penyakit mematikan ini.

BACA JUGA:Hari Ini 29 Februari Memperingati Apa? Ada Hari Kabisat yang Terjadi 4 Tahun Sekali

3. Hari Penguin Sedunia


ADA apa tiap 25 April? Ada Hari Malaria sampai Hari Penguin!-Juan Baretto-AFP

Penguin merupakan salah satu jenis unggas yang sangat menarik. Ia masuk keluarga burung, tapi tidak bisa terbang. Karena hidup di habitat yang keras, penguin menghadapi berbagai ancaman, termasuk perburuan. Saat ini, 10 dari 18 spesies penguin terancam punah.

Upaya untuk meningkatkan kesadaran tentang pentingnya menjaga populasi penguin mengarah pada penciptaan Hari Penguin Internasional. Tujuan dari peringatan ini adalah untuk mengedukasi masyarakat tentang tantangan yang dihadapi penguin, pentingnya habitat mereka, serta kontribusi penting yang mereka berikan bagi lingkungan.

Penetapan tanggal Hari Penguin Internasional didasarkan pada periode migrasi penguin Adélie, salah satu spesies yang paling ikonik. Penelitian yang dilakukan oleh pusat penelitian di Amerika menemukan bahwa penguin Adélie biasanya bermigrasi sekitar 25 April setiap tahunnya.

Penguin Adélie tersebar luas di berbagai wilayah di belahan bumi selatan. Mulai dari Antartika hingga Kepulauan Galápagos. Peringatan Hari Penguin Internasional memberikan kesempatan bagi kita semua untuk merenungkan betapa pentingnya menjaga keberadaan penguin dan lingkungan hidup mereka.

BACA JUGA:27 Februari Memperingati Apa? Ada Hari Peringatan Peristiwa Pertempuran Selat Sunda Lho

4. Hari Delegasi Internasional

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: