Ini Deretan Buah yang Bagus untuk Penderita Diabetes, Bikin Gula Darah Terjaga

Ini Deretan Buah yang Bagus untuk Penderita Diabetes, Bikin Gula Darah Terjaga

Bagi penderita diabetes, pastinya perlu untuk memperhatikan asupan makanan dan minuman yang dikonsumsi. Berikut deretan buah yang bagus dan bikin gula darah lebih stabil. --freepik.com/stockgiu

SURABAYA, HARIAN DISWAY - Buah termasuk makanan yang menyehatkan karena memiliki kandungan vitamin dan serat yang baik untuk tubuh. Namun Buah juga mengandung gula. 

Bagi penderita diabetes, pemilihan makanan menjadi faktor penting untuk menjaga kadar gula darah tetap stabil. Hal ini pun memunculkan pertanyaan, apa saja buah yang boleh dimakan penderita diabetes?

Sejatinya, semua buah boleh dimakan bagi penderita diabetes selama memperhatikan kadar karbohidrat dan indeks glikemik-nya diseimbangkan dengan porsi buah yang disantap.

BACA JUGA: Yuk Dicoba! Berbagai Manfaat Mandi Air Garam yang Bagus Buat Kesehatan

Namun ada beberapa jenis buah yang bagus untuk diabetes karena kandungan di dalamnya. Berikut ini beberapa saran jenis buah untuk penderita diabetes yang bisa menjadi pilihan menu diet Anda. 

1. Anggur


Anggur punya segudang manfaat untuk kesehatan tubuh. Sangat cocok bagi para penderita diabetes untuk menjaga gula darah lebih stabil. --istockphoto

Anggur adalah buah yang bisa menjadi pilihan yang baik bagi penderita diabetes, asalkan dikonsumsi dengan bijak dan dalam porsi yang terkendali. Anggur mengandung gula alami, namun juga menyediakan serat, vitamin, dan antioksidan yang bermanfaat bagi kesehatan

Serat dalam anggur membantu memperlambat penyerapan gula dalam darah, yang dapat membantu mengendalikan lonjakan glukosa. Vitamin, seperti vitamin C dan K, serta antioksidan seperti resveratrol, berkontribusi pada kesehatan jantung dan perlindungan sel.

BACA JUGA:Peringatan Paskah, UPH Periksa Kesehatan Gratis kepada Masyarakat

Biasanya, satu porsi anggur adalah sekitar 15-20 butir, yang cukup untuk memberikan manfaat tanpa menyebabkan lonjakan gula darah yang signifikan. Penting bagi penderita diabetes untuk memperhatikan respon tubuh terhadap konsumsi anggur dan melakukan pengawasan gula darah secara teratur. 

2. Apel


Buah apel bisa jadi pilihan yang tepat bagi para penderita diabetes karena miliki kandungan gula yang sedikit namun tetap segar dan enak. --Treehugger

Apel adalah buah yang bisa menjadi pilihan sehat bagi penderita diabetes karena indeks glikemik-nya yang relatif rendah, yang berarti apel tidak menyebabkan lonjakan gula darah secara drastis. Selain itu, apel kaya akan serat, terutama pektin, yang membantu memperlambat penyerapan gula dan dapat membantu menjaga kadar gula darah tetap stabil. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: