Yuk Dicoba! Berbagai Manfaat Mandi Air Garam yang Bagus Buat Kesehatan

Yuk Dicoba! Berbagai Manfaat Mandi Air Garam yang Bagus Buat Kesehatan

Mandi air garam punya banyak sekali manfaat yang bagus buat kesehatan tubuh. Anda akan merasa lebih rileks dan badan lebih enteng setelah mencobanya. --Getty Images

SURABAYA, HARIAN DISWAY - Banyak orang mengira mandi air garam itu sesuatu yang tidak mungkin. Tubuh akan terasa gatal dan lengket seperti ketika berenang di pantai yang airnya mengandung garam. 

Namun, ternyata ada manfaat dari menambahkan garam ke dalam air mandi hangat, yakni menenangkan pikiran dan tubuh. Mandi dengan air garam telah dikenal sejak zaman kuno sebagai salah satu cara alami untuk merawat kulit dan mengatasi berbagai masalah dalam tubuh.

Selain memberikan sensasi relaksasi, mandi air garam memiliki manfaat yang signifikan bagi kesehatan.  Berikut beberapa manfaat mandi air garam. 

BACA JUGA: Studi Ini Mengejutkan! Ada Peningkatan Risiko Rematik hingga Satu Tahun setelah Infeksi Covid

1. Detoksifikasi tubuh


Mandi air garam bisa bermanfaat untuk detoksifikasi tubuh yang baik untuk mengeluarkan penyakit dan bikin badan lebih segar. --freepik

Mandi air garam dianggap bermanfaat untuk detoksifikasi tubuh karena proses osmosis yang terjadi saat tubuh direndam dalam air yang mengandung garam, seperti garam Epsom atau garam laut.

Proses osmosis mendorong air dari dalam tubuh keluar melalui kulit, membawa bersama racun atau zat-zat berbahaya lainnya yang mungkin terakumulasi.nSelain itu, garam mengandung magnesium sulfat yang dipercaya dapat diserap melalui kulit.

Dengan meningkatkan kadar magnesium dalam tubuh, mandi air garam dapat membantu proses detoksifikasi secara alami. Banyak orang merasa lebih rileks dan ringan setelah mandi air garam karena tubuh merasa lebih bersih.

BACA JUGA: Waspada, Ini Bahaya Dry Ice jika Terkena Tubuh

2. Eksfoliasi alami


Anda juga bisa eksfoliasi alami dengan mandi air garam. Yaitu dengan menggosokkan garam yang dicampur dengan minyak alami. --istockphoto

Mandi air garam dapat memberikan manfaat eksfoliasi alami bagi kulit. Saat mandi air garam, Anda bisa menggunakan butiran garam secara langsung untuk menggosok lembut kulit Anda atau mencampurkannya dengan minyak alami.

Seperti minyak kelapa atau minyak zaitun untuk memberikan hidrasi tambahan. Sifat kasar garam membantu menghilangkan sel-sel kulit mati dan kotoran yang menumpuk, yang bisa menyumbat pori-pori dan menyebabkan masalah kulit seperti jerawat atau komedo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: