UTBK Unair Surabaya Dimulai, Rektor Jelaskan Sistem Pembobotan Penilaian

UTBK Unair Surabaya Dimulai, Rektor Jelaskan Sistem Pembobotan Penilaian

Petugas UTBK melakukan screening pada peserta UTBK sebelum memasuki ruang ujian di Gedung Naninzar Fakultas Farmasi UNAIR C Surabaya. Selasa, 30 April 2024.-Teddy Insani-Harian Disway

SURABAYA, HARIAN DISWAY - Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) Universitas Airlangga SURABAYA dimulai pada Selasa, 30 April 2024. UTBK terbagi menjadi dua gelombang. Gelombang pertama pada 30 April - 7 Mei 2024 dan gelombang kedua pada 14-15 Mei 2024. Tercatat sebanyak 14.516 calon mahasiswa yang mengikuti UTBK di Unair SURABAYA.

Rektor Universitas Airlangga Surabaya Prof Mohammad Nasih memastikan UTBK Unair 2024 berjalan lancar tanpa kecurangan. Sejumlah upaya antisipasi mencegah kecurangan dilakukan. Para peserta dilakukan pengecekan sebelum ujian. Termasuk melepas alas kaki di ruang ujian.

“Unair dikenal sebagai penyelenggara tes yang kredibel dan itu penting karena penyelenggaraan UTBK yang bagus sangat menentukan nasib banyak orang,” ujarnya, Selasa, 30 April 2024.

BACA JUGA:Jelang Tes UTBK-SNBT, Unesa Siapkan 1000 Komputer Untuk 23 Ribu Peserta Tes


Petugas UTBK melakukan screening pada peserta UTBK sebelum memasuki ruang ujian di Gedung Naninzar Fakultas Farmasi UNAIR C Surabaya. Selasa, 30 April 2024.-Teddy Insani-Harian Disway

Prof Nasih juga mengarisbawahi tidak boleh ada peserta yang haknya terampas karena kecurangan peserta lain. Menurutnya, Unair Surabaya akan menjaga marwah keadilan dan kejujuran dalam pelaksanaan UTBK 2024.

“Jangan sampai ada peserta yang curang dan kemudian merampas hak mereka yang pintar. Sehingga menjaga agar proses UTBK tetap kredibel dan fair itu selalu menjadi konsen kami di UNAIR,” tegasnya.

Ihwal penilaian UTBK 2024 terdapat sistem pembobotan yang menyebabkan perbedaan penilaian pada setiap soal. Nilainya berbeda-beda, yakni berdasarkan tingkat kesulitan pada setiap soal. Sehingga dimungkinkan peserta yang memiliki jumlah soal benar sama tapi bisa memiliki nilai yang berbeda. Maka, sistem baru ini harus diketahui masyarakat. Agar, tidak muncul kesalahpahaman.


Peserta melakukan penggantian alas kaki sesuai dengan prosedur sebelum masuk ke ruang UTBK. Selasa, 30 April 2024.-Teddy Insani-Harian Disway

BACA JUGA:Seleksi UTBK-SNBT 2024 Dibuka Hari Ini, Simak Jadwal dan Cara Daftarnya!

“Misal dari 100 soal, yang benar 75 berarti nilai saya pasti 750? Nah, tidak seperti itu perhitungannya. Menurut saya ini harus diluruskan,” ujarnya.

Sementara itu, Wakil Rektor Bidang Akademik, Kemahasiswaan, dan Alumni Unair Surabaya Prof Bambang Sektiari Lukiswanto mengatakan lokasi UTBK tersebar di Kampus Dharmahusada A, Kampus Dharmawangsa B, dan Kampus MERR C. 

“Terjadi peningkatan jumlah pendaftar untuk Vokasi dalam UTBK kali ini. Mengingat, peserta dapat memilih maksimal empat prodi, dua di antaranya harus vokasi, program studi D3 atau D4,” ujarnya. (*)


Suasana ruangan UTBK di Gedung Naninzar Zaman Joenoes Universitas Airlangga Surabaya. Selasa, 30 April 2024.-Teddy Insani-Harian Disway

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: