Kabupaten Bandung Diguncang Gempa Berkekuatan M 4.2, BNPB Imbau Waspada Gempa Susulan

Kabupaten Bandung Diguncang Gempa Berkekuatan M 4.2, BNPB Imbau Waspada Gempa Susulan

Gempa bumi berkekuatan M4,2 menyebabkan kerusakan di beberapa titik di Kabupaten Bandung, Jawa Barat-BNPB-

HARIAN DISWAY - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) melaporkan adanya guncangan gempa berkekuatan M 4.2 di wilayah Kabupaten Bandung pada Rabu, 1 Mei 2024.

Berdasarkan keterangan yang diberikan pihak BNPB, pusat gempa berada di 7.20 LS - 107.57 BT, serta tidak menimbulkan potensi tsunami. 

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Gempa (BMKG) menerangkan bahwa waktu terjadinya gempa tepatnya pada pukul 10:06 WIB, dimana kedalamannya mencapai 4 KM.

BACA JUGA:Gempa Garut Sebabkan 267 Rumah Terdampak, 8 Rumah Rusak Berat

Kejadian gempa ini dirasakan warga Kabupaten Bandung dalam waktu yang cukup singkat yakni selama 2 hingga 3 detik.

Meski demikian, guncangan gempa berkekuatan M4 kembali terjadi pada pukul 20:35 WIB. Kali ini pusat gempa berada pada titik 7.82 LS 107.26 BT, dengan kedalaman hingga 24 km.

Gempa membawa dampak di beberapa wilayah diantaranya, Desa Pangalengan, Pulosari, Sukamanah, Margamukti, Wanasari di Kecamatan Pangalengan.  

BACA JUGA:Dampak Gempa M6,2 di Jawa Barat: Puluhan Bangunan Rusak, 4 Orang Luka-luka

Kemudiang pada wilayah Desa Trumajaya di Kecamatan Kertasar dan Desa Banjaran Wetan di Kecamatan Banjaran

Hasil laporan Pusdalops BNPB mencatat terdapat 3 kepala keluarga terdampak. Selain itu gempa juga memberi dampak material 3 unit rumah, 3 unit sekolah, 2 unit masjid, dan 1 unit Puskesmas

Saat ini Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bandung masih terus memonitor serta mendata wilayah terdampak untuk kemudian melakukan penanganan pasca kejadian.

BACA JUGA:Gempa Bumi M6,5 Guncang Jawa Barat, Sumbernya dari Samudera Hindia

Lebih lanjut, BNPB menghimbau warga setempat untuk tetap berwaspada terkait potensi gempa susulan serta menghindari bangunan retak terdampak gempa. (Hayu Anindya Azzahra)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: bnpb