Teka-teki Calon Wakil Khofifah di Pilgub Jatim 2024

Teka-teki Calon Wakil Khofifah di Pilgub Jatim 2024

Khofifah Indar Parawansa (kiri) dan Emil Elestianto Dardak (kanan) Saat masih menjabat sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur.-Sahirol Layeli-

HARIAN DISWAY - Khofifah Indar Parawansa masih menjadi satu-satunya yang memastikan diri maju sebagai calon gubernur (cagub) di Pemilihan Gubernur Jawa Timur (Pilgub Jatim). 

Dia bahkan sudah mengantongi rekomendasi dari 4 partai politik (parpol). Yakni dari Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Gerindra, Partai Golkar, dan Partai Demokrat.

Sayangnya, dari keempat parpol tersebut, hanya Demokrat yang memberikan rekomendasi sepaket, Khofifah Indar Parawansa dan Emil Elestianto Dardak

Sementara tiga parpol lainnya masih enggan menerima Emil sebagai cawagub. Hingga kini, Golkar, Gerindra, dan PAN belum memutuskan sosok yang akan mendampingi Khofifah. 

BACA JUGA:Semakin Perkasa, Khofifah Kantongi Dukungan LDII Maju di Pilgub Jatim 2024

Padahal, Khofifah secara pribadi telah membeberkan preferensinya. Dalam beberapa kesempatan, dia konsisten menyebut nama eks Bupati Trenggalek itu. Khofifah ingin periode kedua ini tetap menggandeng wakil gubernurnya itu. 

Teranyar Khofifah katakan usai menerima dukungan dari LDII Jawa Timur di Surabaya, Minggu, 28 April 2024 lalu.

"(Sejauh ini) saya merasa nyaman dan produktif dengan Pak Emil. Maka kami mohon doa panjenengan semua agar apa yang sudah kami lakukan bisa memberikan berkah manfaat bagi semua,” ucap Ketum PP Muslimat.

Ditemui di Surabaya, Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan (Zulhas) mengatakan, rekomendasi PAN baru sebatas untuk Khofifah. PAN masih belum memastikan nama yang akan mendampingi Khofifah sebagai cawagub Jatim. Termasuk nama Emil Dardak.

"Ya nanti kan ini memang baru proses, nanti kan pendaftaran itu Agustus ya, ini kan baru namanya pendaftaran istilahnya. Kalau (rekomendasi PAN) Ibu Khofifah dari awal sudah," ujarnya pada Selasa, 30 April 2024 lalu.

Sementara pada acara yang sama, Ketua DPW PAN Jatim Ahmad Riski Sadig secara terang-terangan memberi sinyal bawa PAN belum merestui Emil untuk mendampingi Khofifah. 

"PAN siap all out mengawal Khofifah asal wakilnya dari PAN," ucap Sadiq dalam sambutannya.

Partai Golkar juga menunjukkan respons yang sama, saat ditanya media terkait rekomendasi cawagub Jatim. Ketua DPD Golkar Jatim Sarmuji menyebut rekom Golkar ditujukan sebatas kepada Khofifah. 

"Kalau untuk wakil masih belum. Golkar punya kader banyak dan mumpuni untuk wakil, namun kita tetap menghormati apapun yang dipilih oleh bu Khofifah," ujarnya pada awal April lalu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: