Peringatan 3 Mei: Dari Kebebasan Pers Hingga Konstitusi Jepang

Peringatan 3 Mei: Dari Kebebasan Pers Hingga Konstitusi Jepang

Tanggal 3 Mei memperingati hari apa? Ada Hari Kebebasan Pers dan Hari Surya Sedunia. --ilustrasi

HARIAN DISWAY - Setiap tanggal 3 Mei, dunia memperingati berbagai peristiwa penting. Mari kita simak beberapa peringatan yang jatuh pada tanggal tersebut:

1. Hari Kebebasan Pers Sedunia

Jurnalis memegang peran krusial dalam mengungkapkan kebenaran, menyediakan fakta, dan menjaga transparansi media. Namun, ironisnya, peran itu sering kali membuat mereka terancam.

Serangan terhadap jurnalis  pernah marak terjadi, memicu lahirnya Deklarasi Windhoek pada 1991. Sebagai respons, tahun 1993 ditetapkan sebagai Hari Kebebasan Pers Sedunia.

Peringatan itu bertujuan untuk mendukung kebebasan pers, kebebasan berekspresi, dan melindungi para jurnalis yang gugur saat menjalankan tugas.

2. Hari Koala Liar Internasional

Tanggal 3 Mei juga didedikasikan untuk menghormati dan melindungi koala, hewan asli Australia yang ikonik.

Habitat koala terancam, dan mereka termasuk dalam 10 spesies yang paling terancam punah akibat perubahan iklim. Hari Koala Liar Internasional menjadi pengingat penting untuk mengambil tindakan nyata demi kelangsungan hidup koala.

Kita dapat berpartisipasi dengan mendukung upaya konservasi atau melakukan hal sederhana seperti menanam pohon di hutan.

BACA JUGA:Sejarah di Balik Peringatan Hari Buruh 1 Mei dan Tujuan Peringatannya

BACA JUGA:4 Peringatan Khusus pada 27 April, Ada Hari Healing Sedunia Sampai Hari Donor Sperma

3. Hari Surya Sedunia

Pada 3 Mei, diperingati Hari Surya Sedunia sebagai bentuk penghormatan kepada Matahari, sumber utama cahaya dan kehangatan Bumi.

Peringatan itu sekaligus menjadi upaya untuk meningkatkan kesadaran tentang pentingnya energi Matahari yang ramah lingkungan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: