Warga Resah Pulau Tagulandang Akan Tenggelam Ditelan Tsunami, Ini Jawaban Kepala BNPB

Warga Resah Pulau Tagulandang Akan Tenggelam Ditelan Tsunami, Ini Jawaban Kepala BNPB

Kepala BNPB menjawab keresahan warga akan potensi tsunami yang bisa menenggelamkan Pulau Tagulandang-BNPB-

JAKARTA, HARIAN DISWAY - Selain menderita dampak materiil akibat erupsi Gunung Ruang, warga Pulau Tagulandang di Kabupaten Kepulauan Sitaro, Sulawesi Utara masih harus mengalami tekanan psikis.

Hal tersebut akibat kabar yang beredar akan letusan Gunung Ruang yang lebih besar dan menyebabkan pulau yang mereka tinggali akan tenggelam.

Kabar tersebut dilaporkan oleh salah seorang pengungsi Tagulandang di Pulau Siau pada Kepala BNPB yang sedang berkunjung.

BACA JUGA:Kepala BNPB Tinjau Lokasi Pengungsian Warga Terdampak Erupsi Gunung Ruang di Pulau Siau

Sebagaimana keterangan resmi BNPB pada Sabtu malam, 4 Mei 2024, warga menanyakan adanya kabar yang beredar bahwa Pulau Tagulandang akan tenggelam karena tsunami akibat dari erupsi Gunungapi Ruang yang akan terjadi lagi dan lebih besar.


Proses evakuasi warga Pulau Tagulandang di Sulawesi Utara dengan kapal KRI 811. Status gunung telah diturunkan oleh PVMBG dari awas ke Siaga-BNPB-

Mendengar hal itu, Kepala BNPB Letjen TNI Suharyanto lantas menjawab bahwa hal itu tidak benar dan masyarakat telah termakan berita hoaks.

Oleh sebab itu Suharyanto meminta agar masyarakat hanya memperbarui informasi dari instansi berwenang seperti PVMBG, BNPB, BMKG,BPBD, TNI, Polri dan sebagainya.

“Itu tidak benar ya. Hoaks. PVMBG sudah mengeluarkan informasi terkait hal itu. Bahwa tidak benar Pulau Tagulandang akan hilang tenggelam. Saya harap kita semua selalu memperbarui informasi hanya dari instansi yang berwenang ya,” kata Suharyanto.

BACA JUGA:Jasamarga Manado Bitung Salurkan Bantuan Kepada Masyarakat Terdampak Erupsi Gunung Ruang

Mantan Pangdam V/Brawijaya tersebut tengah melakukan kunjungan pada warga terdampak erupsi Gunung Ruang di Pualau Siau yang masih dalam wilayah Kabupaten Kepulauan Sitaro.

Salah satu yang dikunjungi adalah warga di Aula Kadademahe, Kelurahan Ondong, Kecamatan Siau Barat, Pulau Siau.

Sebelum meninggalkan lokasi, Kepala BNPB memberikan bantuan berupa logistik dan sembako kepada warga pengungsi di sana.


BNPB Janji Bakal Beri Bantuan untuk Perbaikan Rumah Warga yang Rusak Akibat Erupsi Gunung Ruang-Dok. Bnpb-

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: