Puncak Hujan Meteor Eta Aquarids 5-6 Mei 2024, Begini Cara Melihatnya

Puncak Hujan Meteor Eta Aquarids 5-6 Mei 2024, Begini Cara Melihatnya

Puncak hujan meteor Eta Aquarids 5-6 Mei 2024, warga Indonesia bisa lihat? --ilustrasi

HARIAN DISWAY - Fenomena hujan meteor Eta Aquarids akan kembali menyinari langit pada Minggu malam, 5 Mei 2024 hingga Senin pagi, 6 Mei 2024 menjelang matahari terbit.

Peristiwa langka ini menjanjikan pemandangan spektakuler di langit dengan kehadiran sekitar 30 hingga 50 meteor Eta Aquarids yang berkelap-kelip per jamnya, menciptakan fenomena alam yang memukau.

Hujan meteor Eta Aquarids telah berlangsung sejak 19 April hingga 28 Mei 2024. Kecepatan meteor ini akan mencapai puncaknya pada 65,4 km/detik, menghiasi langit dengan kilauannya.

BACA JUGA:Ini Waktu dan Wilayah Terjadinya Gerhana Matahari Total 8 April 2024!

Fenomena alam ini terjadi saat Bumi melewati jalur sisa debu dan meteoroid dari komet Halley yang telah melintas puluhan tahun yang lalu. Ketika sisa debu tersebut masuk ke atmosfer bumi, mereka terbakar sendiri dan tampak seperti bintang jatuh.


PUNCAK hujan meteor Eta Aquarids 5-6 Mei 2024, begini cara melihatnya.- David Kingham via Flickr-Smithsonian Magazine

Dengan jumlah sisa debu yang melimpah, hujan meteor ini menyajikan pemandangan luar biasa yang tampak seperti hujan meteor sejati dari permukaan bumi.

Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) mengungkapkan bahwa puncak hujan meteor Eta Aquarids dapat dinikmati di Indonesia pada Senin dini hari sekitar pukul 03.00 WIB hingga menjelang matahari terbit.

BACA JUGA:Tak Bisa Disaksikan di Indonesia, Ini Link Live Streaming Gerhana Matahari Total yang Datang 8 April

"Saat puncaknya, diperkirakan ada sekitar 50 hingga 60 meteor yang akan terlihat setiap jamnya," ujar Thomas Djamaluddin, ahli astronomi dan astrofisika Pusat Riset Antariksa BRIN.

Meski di luar fase puncak, masyarakat masih bisa menyaksikan fenomena ini dengan jumlah meteor yang lebih sedikit. Untuk pengalaman terbaik, disarankan mengarahkan pandangan ke langit di arah timur dan tenggara.

Hindari lokasi dengan polusi cahaya atau penerangan lampu yang berlebihan agar tidak mengganggu pandangan ke langit. Selain itu, pilihlah lokasi yang tidak terhalang oleh perbukitan, pepohonan, atau bangunan.


CARA melihat hujan meteor Eta Aquarid di Indonesia pada 5-6 Mei 2024. Foto: hujan meteor Perseid difoto dari Spring Mountain Recreation Area, Nevada, pada 2015.-Ethan Miller-Getty Images-TIME

Bagi Anda yang ingin menyaksikan hujan meteor Eta Aquarids pada 5-6 Mei 2024, berikut beberapa tips untuk menyaksikan fenomena tersebut:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: beberapa sumber