Thomas Cup 2024: Tanpa Kejutan, Ini Susunan Pemain Indonesia vs Tiongkok di Final

Thomas Cup 2024: Tanpa Kejutan, Ini Susunan Pemain Indonesia vs Tiongkok di Final

THOMAS Cup 2024: Susunan Pemain Indonesia vs Tiongkok di Final, Anthony Sinisuka Ginting harus buka jalan.-Deri Destan-PP PBSI


THOMAS Cup 2024: Susunan Pemain Indonesia vs Tiongkok di Final, Fajar Alfian/M Rian Ardianto hadapi ganda terbaik dunia.-Deri Destan-PP PBSI

"Besok akan jadi final Piala Thomas keempat saya," kata Jonatan Christie setelah laga semifinal pada Sabtu, 4 Mei 2024. "Berkat Tuhan tidak pernah kami bayangkan karena kami datang berisikan skuad yang cukup berbeda dari edisi sebelum-sebelumnya," jelasnya.

BACA JUGA:Thomas Cup 2024: Jonatan Christie dkk Lolos ke Final Tiga Kali Beruntun, Siap Ulang Memori 2021

"Masuk final adalah salah satu pencapaian yang baik dengan permainan tim yang bagus juga," ia memuji performa seluruh anggota tim Thomas Cup. Sayang, ia sama sekali tak menyebut tentang proyeksi final.

Ketika membawa Indonesia menjuarai Thomas Cup 2020 (yang digelar pada Oktober 2021), Jonatan juga berjumpa Li Shi Feng di final. Saat itu, ia menang tiga game.

Sementara itu, Fikri/Bagas akan berhadapan dengan He Ji Ting/Ren Xiang You. Secara head-to-head, mereka unggul 2-1. Dalam pertemuan terakhir, pasangan peringkat 9 dunia itu juga menang 21-19, 21-19 di fase grup BAC 2024.

BACA JUGA:Rekor Superior Atas Korea Selatan Terjaga, Indonesia Tantang Taiwan di Semifinal Piala Thomas

Meski begitu, Fikri/Bagas harus sangat berhati-hati. Karena He/Ren tampil luar biasa eksplosif saat menghadapi Malaysia di semifinal. Melawan Goh Sze Fei/Nur Izzudin, mereka menang dengan rubber game 18-21, 21-19, 21-12. Mereka lincah dan power-nya besar.


THOMAS Cup 2024: Susunan Pemain Indonesia vs Tiongkok di Final, Fikri/Bagas diharapkan memetik poin.-Deri Destan-PP PBSI

Apakah Anthony Sinisuka Ginting tidak diharapkan menang atas Shi Yu Qi? Jelas diharapkan. Namun memang rekornya tidak berpihak. Dari 10 pertemuan, Anthony hanya pernah menang 2 kali atas Shi Yu Qi. Gaya permainan Anthony yang banyak memainkan bola-bola pendek tidak mempan untuk melawan pemain nomor 2 dunia tersebut.

Ada sedikit asa dari statistik. Yakni, dalam pertemuan terakhir di BWF World Tour Final 2023, Anthony menang 11-21, 21-7, 21-17. Ia diharapkan bisa mengulan capaian itu.

BACA JUGA:Thomas Cup 2024: Jadi Juara Grup, Jonatan Christie dkk Lawan Korea di Perempat Final

Fajar Alfian/M Rian Ardianto juga kalah head-to-head dibandingkan Liang Wei Keng/Wang Chan. Dari 6 pertemuan, mereka hanya menang 2 kali. Saat jumpa di perempat final BAC 2024 lalu, Fajar/Rian juga kalah rubber game, 19-21, 21-12, 17-21. Sangat tidak menguntungkan.

Nah, kalau laga berlanjut ke partai kelima, maka Chico Aura Dwi Wardoyo harus memiliki mental sekuat baja. Sebab, levelnya dengan Lu Guang Zu sejatinya tak berbeda jauh. Meski peringkatnya 10 setrip di bawah Lu (19-29), mereka pernah saling mengalahkan.


THOMAS Cup 2024: Susunan Pemain Indonesia vs Tiongkok di Final, Chico Aura Dwi Wardoyo diprediksi jadi penentu kemenangan Indonesia.-Deri Destan-PP PBSI

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: