Surabaya Tourism Award 2024 Segera Digelar, Berikut Tahap Pendaftarannya

Surabaya Tourism Award 2024 Segera Digelar, Berikut Tahap Pendaftarannya

Calon Pendaftar Surabaya Tourism Award 2024, berikut teknis pelaksanaannya. Agoes Tinus Lis Indrianto (kiri) dan Vivian Vanessa (kanan) saat on air di Klik Radio, menjelaskan berbagai hal tentang STA 2024, pada 6 Mei 2024.-Sahirol Layeli-HARIAN DISWAY

SURABAYA, HARIAN DISWAY - Event tahunan untuk memeriahkan hari jadi Kota Surabaya, Surabaya Tourism Awards (STA) 2024 segera digelar. Kompetisi yang diprakarsai Pemkot Surabaya, Universitas Ciputra, dan HARIAN DISWAY itu melibatkan berbagai komponen wisata di Surabaya.

Maka, seperti tahun-tahun sebelumnya, STA 2024 akan kembali dibagi dalam dua kategori. Yakni destinasi wisata dan hotel. Destinasi wisata mencakup berbagai objek wisata yang ada di Kota Pahlawan.

Registrasi peserta telah dilakukan sejak 26 April, dan akan ditutup pada 9 Mei 2024. Vivian Vanessa, Ketua Panitia STA 2024 menyebut beberapa hal terkait teknis pelaksanaan kompetisi itu.

BACA JUGA:Ayo Daftar! Surabaya Tourism Award 2024, Banyak Hal Baru tentang Kategorisasi dan Sistem Penilaian

"Pertama, informasi tentang STA diumumkan ke publik oleh 5 pihak yang terlibat. Yakni Disbudporapar Surabaya, Harian Disway, PHRI, Forkom, dan School of Tourism Universitas Ciputra (UC)," tutur Vanessa.

Kedua, kelima pihak itu akan membuat poster, baik cetak maupun digital, untuk masing-masing kategori dengan diberikan link pendaftaran.


Suasana Surabaya Tourism Award 2023 silam. Tampak, dewan juri Surabaya Tourism Awards 2023 mencicipi menu jawara perwakilan kecamatan di Disway News House, Rabu, 10 Mei 2023.-Elvina Talitha Alawiyah/Harian Disway-HARIAN DISWAY

Ketiga, calon peserta dapat mendaftar ke link pendaftaran tersebut. Kemudian tahap keempat, ketika mendaftar peserta wajib menyertakan data. Seperti profil singkat tentang keunggulan objek wisata atau hotel mereka.

Para calon peserta juga diwajibkan menyertakan video singkat. Yang memuat berbagai keunggulan tempat wisata maupun hotel mereka. Agoes Tinus Lis Indrianto, Penanggung Jawab STA, menyebut durasi maksimal video tersebut adalah 3 menit.

BACA JUGA:Yang Terbaik di Ajang Surabaya Tourism Awards 2023: SWK Siwalankerto Ramahnya Kebangetan (30)

"Ringkas, singkat, yang memuat komponen penilaian. Masing-masing memiliki 5 aspek," ungkap dekan Fakultas Pariwisata Universitas Ciputra (UC) tersebut.

"Bisa dibilang, video itu akan menjadi acuan dari seleksi awal kami terhadap hotel dan objek wisata yang mengikuti kompetisi," paparnya. Lima aspek penilaian untuk objek wisata meliputi: Atraksi, Amenitas, Aksesibilitas, Aktivitas, dan Aksi Promosi.

Sedangkan lima aspek penilaian hotel adalah: Public Space, Tourist Attraction & Services, Best Local Dishes, Best Tourist Attraction, dan Best Social Economic Impact. Video yang dikirimkan peserta harus memuat semua komponen itu.


Calon Pendaftar Surabaya Tourism Award 2024, Berikut Teknis Pelaksanaannya. Suasana Surabaya Tourism Award 2022. Tampak, founder Harian Disway Dahlan Iskan (tengah) bersama para undangan di ajang penyerahan penghargaan Surabaya Tourism Award 2022 di Atrium Linear, Lantai G, Ciputra World Mall pada Juni lalu.-Boy Slamet-HARIAN DISWAY

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: