Kunjungan Wisatawan Mancanegara Meningkat, Capai 1,04 Juta pada Maret 2024

Kunjungan Wisatawan Mancanegara Meningkat, Capai 1,04 Juta pada Maret 2024

Kunjungan wisatawan mancanegara meningkat, capai 1,04 juta kunjungan pada Maret 2024. --Kemenparekraf

JAKARTA, HARIAN DISWAY - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno menyebut ada peningkatan kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) ke Indonesia.

Jumlah wisman disebut  mencapai 1,04 juta kunjungan pada Maret 2024.

“Wisatawan mancanegara pada Maret terus mengalami peningkatan menuju lebih dari 1 juta kunjungan,” ujar Sandiaga dalam The Weekly Brief With Sandi Uno pada Senin, 6 Mei 2024.

Jika dibandingkan dengan jumlah kunjungan wisman pada Januari 2024 lalu, kunjungan bulan pada Maret meningkat sebesar 25,43 persen.

BACA JUGA:Bandara Internasional Berkurang, Kemenparekraf Tak Khawatir Kunjungan Wisatawan Mancanegara Menyusut

Sandiaga meyakini peningkatan jumlah kunjungan wisman ini telah sejalan dengan tujuan Kemenparekraf yang menargetkan 14,3 juta wisatawan mancanegara pada tahun 2024.

Adapun wisman pada bulan Maret 2024 didominasi oleh wisatawan dari Malaysia, Australia, dan Singapura. Dengan wisman dari Malaysia menyumbang 15,38 persen dari total keseluruhan wisatawan mancanegara.

“Australia hampir 12 persen dan Singapura 11,52 persen,” tutur Sandiaga.

BACA JUGA:Lahan Eks Carrefour Kota Pasuran Akan Disulap Menjadi Wisata Ala Arafah

BACA JUGA:Puncak Acara Festival Balon Udara 2024 Wonosobo: Kemeriahan Budaya dan Pariwisata Tanpa Ganggu Penerbangan

Kemudian, lanjut Sandiaga, kunjungan wisman ini didorong oleh peningkatan pergerakan kunjungan pada Bandara Internasional Ngurah Rai, Bali yang mencapai 31,5 persen, serta Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Banten sebesar 33 persen.

Selain itu, beberapa pintu masuk utama wisman tertinggi selama Maret 2024 juga terdapat di Batam, Kepulauan Riau, Tanjung Uban, Kepulauan Riau, Juanda, Surabaya, serta Kualanamu, Sumatera Utara.

Sejalan dengan jumlah kunjungan wisman, okupansi hotel pada Maret 2024 juga menunjukkan peningkatan pesat, yakni mencapai 43,41 persen.

Sandiaga pun menyebutkan rata-rata waktu menginap wisatawan meningkat menjadi 1,7 malam. (Isro Nur Siti Khotidjah)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: