Libur Panjang Akhir Pekan, Jasa Marga Catat 808 Ribu Kendaraan Tinggalkan Jabodetabek

Libur Panjang Akhir Pekan, Jasa Marga Catat 808 Ribu Kendaraan Tinggalkan Jabodetabek

Jasa Marga prediksi 808 ribu kendaraan tinggalkan Jabodetabek pada libur panjang akhir pekan ini. --ANTARA

HARIAN DISWAY - PT Jasa Marga mencatat sebanyak 808.620 kendaraan keluar dari wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi (Jabodetabek) selama periode libur Hari Kenaikan Yesus Kristus 2024.

Tepatnya selama H-1 hingga H+3, yakni mulai Rabu, 8 Mei 2024 sampai Minggu, 12 Mei 2024.

Total volume lalu lintas (lalin) yang meninggalkan wilayah Jabodetabek naik sebesar 9,8 persen.

BACA JUGA:Wajib Bersabar, Jalan Tol Semarang-Demak Segmen Tanggul Laut Semarang-Sayung Baru Selesai Tahun 2027

Marketing & Communication Department Head Jasa Marga Faiza Riani menyebutkan, puncak volume lalin akan terjadi pada hari ini, Kamis, 9 Mei 2024.

Jika dibandingkan dengan lalin normal, volume kendaraan naik sebesar 32,9 persen atau menjadi sekitar 186.322 kendaraan pada Kamis, 9 Mei 2024.

Prediksi pergerakan kendaraan tersebut dihitung dari arus lalu lintas (lalin) pada empat Gerbang Tol (GT) Utama, meliputi GT Cikupa ke arah Merak, GT Ciawi ke arah puncak, GT Cikampek Utama ke arah Trans Jawa, dan GT Kalihurip Utama ke arah Bandung.

BACA JUGA:807.510 Kendaraan Tinggalkan Jabodetabek, Mayoritas Menuju Timur

BACA JUGA:Jasamarga Manado Bitung Salurkan Bantuan Kepada Masyarakat Terdampak Erupsi Gunung Ruang

Dengan rincian catatan dari Jasa Marga, sebanyak 376.706 kendaraan atau sekitar 46,6 persen menuju arah timur, yakni Trans Jawa dan Bandung.

Dengan mayoritas kendaraan menuju arah Bandung, 245.240 kendaraan atau 30,3 persen menuju arah barat, melalui tol Merak, dan 186.674 kendaraan atau sekitar 23,1 persen menuju arah selatan, menuju ke kawasan puncak dan sekitarnya.

Selain di gerbang tol, kepadatan juga berpotensi terjadi di lajur. Oleh karena itu, Jasa Marga pun melakukan antisipasj dengan penempatan petugas di sejumlah titik rawan kepadatan.

BACA JUGA:Presiden Jokowi Resmikan Jalan Inpres di Gorontalo yang Habiskan Dana Pembangunan Hingga Rp161 Miliar

“Jasa Marga memastikan kesiapan layanan operasi jalan tol Jasa Marga Group berjalan dengan optimal, terutama di ruas jalan tol yang berpotensi menjadi destinasi wisata favorit pengguna jalan saat libur panjang di antaranya Jalan Tol Jagorawi untuk kearah Puncak dan sekitarnya, serta Jalan Tol Jakarta-Cikampek dan Jalan Tol Cipularang untuk yang menuju arah Trans Jawa dan Bandung,” tutur Faiza.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: