Meneroka Kebijakan Luar Negeri Prabowo (2-Habis): Implikasi dan Tantangan

Meneroka Kebijakan Luar Negeri Prabowo (2-Habis): Implikasi dan Tantangan

ILUSTRASI Implikasi dan tantangan kebijakan luar negeri Prabowo Subianto. Prabowo akan pilih Indo Pacific Economic Framework (IPEF) atau Belt and Road Initiative (BRI)-Maulana Pamuji Gusti-Harian Disway-

Terutama portofolionya yang berasal dari bidang pertahanan dan keamanan, dengan melihat bagaimana sepak terjangnya di ABRI yang kemudian TNI dan menteri pertahanan.

TRAJEKTORI KEBIJAKAN LUAR NEGERI INDONESIA

Peran Indonesia tentu sangat ditunggu, alih-alih sebatas memperhatikan secara domestik pembangunan nasional. Tentu Nusantara di masa depan dapat menggulirkan suatu konsep-konsep baru dalam pembangunan dunia berkelanjutan. 

Dengan demikian, naiknya status Indonesia menjadi negara maju juga dapat mengangkat harkat derajat dari negara-negara tetangga di Asia Tenggara dan mitra-mitra strategis Indonesia. 

Dalam hal ini, tentu patut ditunggu bagaimana perumus kebijakan luar negeri dapat mempersiapkan ”pion-pion catur” untuk ditempatkan dalam rangka menopang kebutuhan besar Indonesia agar terus dapat bertahan dan terus menunjukkan eksistensi perannya dalam mengonstruksi dunia yang aman dan damai. (*)


Probo Darono Yakti, dosen Hubungan Internasional FISIP Unair dan dan direktur Center for National Defence and Security Studies.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: