Wow! Lebih dari 1.000 Atlet Berlomba di Kejuaraan Wushu CSWI Cup

Wow! Lebih dari 1.000 Atlet Berlomba di Kejuaraan Wushu CSWI Cup

Wow! Lebih dari 1.000 Atlet Berlomba di Kejuaraan Wushu CSWI Cup. Ini lah aksi atlet-atlet Citra Satria Wushu Indonesia ketika membuka kejuaraan wushu CSWI Cup Piala KONI Jatim.-M. Azizi Yofiansyah-Harian Disway-

SURABAYA, HARIAN DISWAY – Animo atlet-atlet wushu masih terus terjaga. Buktinya tampak pada acara bertajuk A 3 Days Marathon of wushu Championship; CSWI Cup-Piala KONI Jatim, 10-12 Mei 2024. Jumlah atlet yang berpartisipasi mencapai 1.103 orang dari 82 sasana dari seluruh Indonesia.

''Mereka berasal dari 11 provinsi. Termasuk Jatim, Jateng, Jabar, DKI Jakarta, Banten, Kalimantan Timur, Sumatera Selatan, NTB, Bali, sampai Sulawesi Utara,'' ujar Isidorus Sukarno, ketua panitia penyelenggara.

BACA JUGA:Atraksi Wushu CSWI Meriahkan Pesta Imlek Lagoonar Show Surabaya

Acara itu digelar oleh sasana Citra Satria Wushu Indonesia (CSWI) di Fairway Nine Mall Surabaya. Nomornya mencakup seluruh kategori usia. Mulai kelas D, C, B, A, hingga Senior.

“Kategori yang kami pertandingkan beragam. Mulai taolu, taichi, kungfu tradisional, terus ada wingchun juga. Jadi semua ada disini,” jelas Isidorus.


Wow! Lebih dari 1.000 Atlet Berlomba di Kejuaraan Wushu CSWI Cup. Para juri menilai atlet yang bertanding di kategori Junior C-M. Azizi Yofiansyah-Harian Disway-

Menurut Isidorus, pertandingan tersebut diadakan dengan standard penilaian yang ketat. Sebagaimana kejuaraan wushu di tingkat dunia. ''Evaluasi dilakukan seorang ketua juri dan enam juri pendamping. Evaluasinya cermat, pakai standar internasional,'' katanya.

Sebagian besar peserta berasal dari kategori junior. Terutama di kelas Junior D dan Junior C yang diikuti atlet di bawah usia 14 tahun.

BACA JUGA : Pujian Khusus dari IGK Manila untuk Kejurnas Wushu Piala Presiden 2022 di Surabaya

''Jadi, turnamen ini bisa jadi wadah untuk meningkatkan kepercayaan diri para atlet. Terutama di tingkat amatir,'' ujar Isidorus yang juga mantan atlet wushu tersebut.


Wow! Lebih dari 1.000 Atlet Berlomba di Kejuaraan Wushu CSWI Cup. Inilah penampilan atlet-atlet cilik CSWI dalam atraksi pembukaan kejuaraan.-M. Azizi Yofiansyah-Harian Disway-

Kemeriahan acara tersebut sudah terasa ketika sesi coba lapangan yang digelar pada Jumat, 10 Mei 2024. Para atlet mulai berdatangan untuk menjajal empat lapangan pertandingan plus satu lapangan pemanasan tersebut.

Pada sesi pembukaan, para atlet junior CSWI unjuk kebolehan dengan memamerkan koreografi jurus yang memikat. Mereka memperlihatkan kemampuan memainkan pedang, golok, tombak, toya, hingga tangan kosong.

BACA JUGA : Aksi Wushu di Bumi Majapahit

Semangat itu juga ditunjukkan oleh seluruh atlet yang berlaga di lapangan. Mereka menampilkan kehebatan, melakukan manuver dengan lincah dan memikat. Keberanian mereka sendiri adalah sebuah kemenangan.

Atmosfer mall pun digemakan oleh sorak-sorai dari para pendukung, membakar semangat para peserta. Di pinggir lapangan, instruksi dari para pelatih berpadu dengan seruan penonton yang penuh semangat.


Wow! Lebih dari 1.000 Atlet Berlomba di Kejuaraan Wushu CSWI Cup. Suasana meriah kejuaraan wushu yang menghidupkan atmosfer Fairway Nine Mall.-M. Azizi Yofiansyah-Harian Disway-

Meskipun masih belia, para atlet itu memancarkan semangat para profesional berpengalaman. Contohnya, Discha Khanza Azzahra Rahmadoni, 11, dari Sasana Tjoe Tik Kiong, Tulungagung. Dia menjuarai kategori Kung Fu Senjata Panjang Junior C Putri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: