Laporan Haji 2024 (1): Saat Puncak Haji Diprediksi 48-50 Derajat Celsius

Laporan Haji 2024 (1): Saat Puncak Haji Diprediksi 48-50 Derajat Celsius

Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas melihat persiapan bus jamaah haji di Makkah.--Media Center Haji

Mulai hari ini hingga 50 hari ke depan, Harian Disway akan menyajikan rubrik Laporan Haji 2024. Wartawan kami, Tomy Gutomo, yang tergabung dalam Media Center Haji (MCH) 2024 di Madinah akan melaporkan langsung penyelenggaraan haji 1445 H dari tanah suci.

----

Arab Saudi saat ini sedang  panas-panasnya. Suhu udara rata-rata 40 derajat celsius. Bahkan Kementerian Haji Arab Saudi memprediksi pada puncak haji nanti Suhu udara bisa mencapai 48-50 derajat celsius.

Kondisi ini tentu harus diantisipasi jamaah haji Indonesia. Tahun ini ada 241 ribu jamaah haji dari Indonesia. Terbanyak daripada negara-negara lain. Kerajaan Arab Saudi menerbitkan 2,5 juta visa haji. 

Jamaah haji Indonesia  mulai diberangkatkan secara bergelombang pada 12 Mei 2024. Dan yang harus menjadi perhatian khusus adalah ada 45 ribu jamaah haji Indonesia yang kategori lanjut usia (lansia). Paling sepuh berusia 109 tahun, yakni Hardjo Mislan, asal Ponorogo.

BACA JUGA:393 Jemaah Haji Kloter Pertama Tiba di Madinah, Lebih Cepat Dengan Fast Track

BACA JUGA:Empat Jamaah calon Haji Asal Lamongan Ditunda Keberangkatannya Karena Sakit

Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas mengimbau jamaah haji menjaga kesehatan dan stamina. Juga menyiapkan diri untuk menghadapi cuaca panas di Makkah dan Madinah.

Yaqut saat ini berada di tanah suci untuk mengecek persiapan terakhir fasilitas jamaah haji Indonesia.

“Siiapkan fisik terbaik. Jangan terlau diforsir. Makan makanan bergizi, vitamin. Ini akan membantu jemaah dalam menjaga stamina,” pesan Gus Men -sapaan Yaqut Cholil Qoumas.

Sejumlah uoaya menjaga kesehatan jemaah haji telah dilakukan Kementerian Agama.  Kemenag telah menetapkan istithaah kesehatan sebagai syarat pelunasan biaya haji. Selain itu, Kemenag juga telah merilis Senam Haji. 

Petugas Haji Tiba di Arab Saudi

Tepat pukul 17.15 Waktu Arab Saudi (WAS), Rabu, 8 Mei 2024, rombongan Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi 2024 mendarat di Bandara King Abdul Azis, Jeddah. Mereka berjumlah 437 orang dengan menumpang pesawat Garuda Airlines GA 980. 


Petugas haji mencium bendera Merah Putih sebelum berangkat di halaman Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta.--Media Center Haji

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: