Prabowo Janji Sejahterakan Masyarakat Adat di Sekitar IKN

Prabowo Janji Sejahterakan Masyarakat Adat di Sekitar IKN

Prabowo berbicang bersama wartawan dan kru TV Al Jazeera English di kantor Kemenhan-Kemnhan RI -

JAKARTA, HARIAN DISWAY - Presiden RI terpilih periode 2024-2029, Prabowo Subianto menegaskan dukungan serta komitmennya untuk melanjutkan kebijakan pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) yang digagas oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Hal tersebut disampaikan Prabowo saat melakukan wawancara eksklusif dengan media Al-Jazeera dan diunggah di YouTube Al Jazeera English, Minggu, 12 Mei 2024.

Prabowo menjelaskan, kebijakan untuk memindahkan ibu kota Indonesia pada dasarnya sudah digagas sejak masa pemerintahan Presiden Pertama RI, Presiden Soekarno.  

BACA JUGA:Ingin Kurangi Angka Stunting, Prabowo Kembali Tekankan Urgensi Program Makan Siang dan Susu Gratis Bagi Anak Indonesia

“Ide untuk memindahkan ibu kota sebenarnya telah ada sejak bertahun-tahun lalu, bahkan sejak Presiden Pertama RI, Presiden Soekarno. Dan selalu ada usulan agar ibu kota sebaiknya berada di posisi yang lebih sentral,” jelas Prabowo.

Ia menambahkan, Jakarta saat ini dihadapkan pada sejumlah masalah, salah satunya yaitu kota ini sudah tidak mampu lagi untuk menampung populasi masyarakat yang angkanya mencapai 20 hingga 25 juta orang.

“Kita harus berinvestasi lebih banyak untuk menyelamatkan Jakarta,” imbuh Prabowo.

BACA JUGA:Prabowo Paparkan Faktor Kemenangan Pilpres Pada Al Jazeera: Ada Jokowi Effect

Dalam wawancara tersebut, Prabowo juga menegaskan komitmennya untuk melindungi serta menjamin kesejahteraan masyarakat adat yang berada di IKN. 

Menurut mantan Danjen Kopassus tersebut, kepentingan, keamanan dan masa depan seluruh masyarakat adat adalah prioritas utama.

"Kita harus melindungi mereka, kita harus mengamankan kehidupan mereka dan kita harus melakukan banyak perencanaan serta penelitian agar kita tidak menggusur terlalu banyak orang,” tegas Prabowo.

BACA JUGA:Prabowo Cerita Dua Angka Keberuntungan Ini Antarkan Ia Jadi Presiden RI ke-8, Salah Satunya Dikasih Luhut

“Dan jika kita melakukan hal tersebut, kita harus memberikan kompensasi, kita harus menjamin kesejahteraan mereka,” imbuhnya. 

Lebih lanjut, Prabowo menegaskan bahwa dirinya akan selalu membela kepentingan seluruh rakyat Indonesia. “Kami akan membela mereka, dukungan saya yang paling kuat adalah bagi mereka yang lemah,” pungkas dia.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: