Tanggal 17 Mei Memperingati Hari Apa? Ada Hari Buku Nasional

Tanggal 17 Mei Memperingati Hari Apa? Ada Hari Buku Nasional

Tanggal 17 Mei memperingati hari apa? Ada Hari Buku Nasional. --ilustrasi

Hari Masyarakat Telekomunikasi dan Informasi Sedunia mengingatkan kita akan pentingnya telekomunikasi dalam mendukung berbagai aktivitas manusia, dari komunikasi pribadi hingga operasi bisnis dan layanan publik.

Hari Hipertensi Sedunia

Tanggal 17 Mei diperingati sebagai Hari Hipertensi Sedunia. Peringatan ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran tentang bahaya hipertensi atau tekanan darah tinggi. 

Hipertensi terjadi ketika tekanan darah dalam pembuluh darah terus meningkat. Kondisi ini disebabkan oleh jantung yang memompa darah dengan lebih kuat dan pembuluh darah yang menyempit, sehingga meningkatkan tekanan darah.

BACA JUGA: 5 Mei Memperingati Hari Tertawa dan Hari Bidan Sedunia, Bagaimana Sejarahnya?

Hipertensi memengaruhi lebih dari satu miliar orang di seluruh dunia, mencakup lebih dari 30 persen populasi dewasa. Kondisi ini merupakan faktor risiko utama untuk penyakit kardiovaskular, termasuk penyakit arteri koroner dan stroke.

Selain itu, hipertensi juga dapat meningkatkan risiko penyakit ginjal kronis, gagal jantung, aritmia, dan demensia. Untuk meningkatkan kesadaran dan berbagi informasi tentang hipertensi, World Hypertension League (WHL) mencetuskan Hari Hipertensi Sedunia.

Peringatan ini pertama kali diluncurkan pada 14 Mei 2005 dan resmi diperingati setiap tahun mulai 17 Mei 2006. Sejak saat itu, WHL menetapkannya sebagai hari untuk memperingati dan menyebarkan pengetahuan tentang hipertensi di seluruh dunia.

BACA JUGA: Besok 4 Mei Memperingati Hari Pemadam Kebakaran Internasional, Selain itu Ada Hari Apa Ya?

Hari Hipertensi Sedunia menjadi momentum penting bagi masyarakat global untuk memahami risiko dan dampak hipertensi, serta mendorong tindakan pencegahan dan pengelolaan yang lebih baik terhadap kondisi ini.

Itulah beberapa peringatan yang hadir setiap tanggal 17 Mei tiap tahunnya. Ada Hari Buku Nasional di Indonesia, Hari Masyarakat Telekomunikasi dan Informasi Sedunia, serta Hari Hipertensi Nasional. (Jessica Laurent)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: