Anggota DPRD Kota Pasuruan 2024 Dilantik Agustus, Golkar Isyaratkan Sosok Ini Bakal Ketua DPRD

Anggota DPRD Kota Pasuruan 2024 Dilantik Agustus, Golkar Isyaratkan Sosok Ini Bakal Ketua DPRD

Partai Golkar Kota Pasuruan isyaratkan kandidat kuat yang akan duduki kursi ketua DPRD Kota Pasuruan -Lailiyah Rahmawati-

PASURUAN, HARIAN DISWAY - Sebanyak 30 orang anggota DPRD Kota Pasuruan yang terpilih di pemilu serentak tahun 2024 bakal dilantik Agustus mendatang. Sementara itu, Partai Golkar sebagai pemenang jumlah kursi terbanyak tampaknya sudah memiliki nama kuat yang akan menduduki kursi ketua DPRD Kota Pasuruan. Golkar menggeser posisi PKB yang diduduki Ismail Marzuki Hasan yang sudah belasan tahun menjadi ketua DPRD setempat. 

Sekretaris DPRD Kota Pasuruan Raden Murahanto mengungkapkan, pihaknya sudah menerima informasi pelantikan 30 anggota dewan terpilih tersebut. Murahanto menyebut, pelantikan akan dilaksanakan 30 Agustus 2024 di kantor Sekretariat DPRD setempat. Namun, persiapan pelantikan masih belum diagendakan karena waktunya masih lama. 

"Informasi dari Pemprov tanggal 30 Agustus ini," kata Murahanto, Senin 20 Mei 2024. 

Di sisi lain, Partai Golkar dikabarkan sudah mengerucutkan nama yang akan menduduki kursi ketua DPRD Kota Pasuruan. Golkar berhasil menggeser posisi PKB dalam perolehan kursi terbanyak sehingga pucuk pimpinan legislatif akan diduduki partai berlambang pohon beringin itu. Dua nama yang disebut berpeluang besar menjadi ketua DPRD adalah M. Toyib dan Dedy Tjahjo Poernomo

Wakil Wali Kota Pasuruan Adi Wibowo saat dikonfirmasi mengatakan, pihak partainya sudah memiliki sosok yang akan ditunjuk sebagai ketua DPRD. Mas Adi sapaan akrabnya mengatakan, sejumlah syarat sebagai ketua DPRD yakni merupakan kader loyal, memiliki jabatan di DPD, serta terbukti keberhasilannya membawa Golkar Kota Pasuruan lebih baik dari tahun sebelumnya. Saat Harian Disway menyinggung nama M. Toyib yang cocok dengan gambaran tersebut. Mas Adi hanya tersenyum.

"Pastinya nanti memenuhi persyaratan partai. Harus dilihat kiprah dan keberhasilannya untuk Golkar Kota Pasuruan. Segera kami umumkan lah," ujar Mas Adi.  

Diketahui M.Toyib merupakan ketua DPD Golkar Kota Pasuruan. Di kepemimpinan Toyib, Golkar Kota Pasuruan berhasil menggeser PKB yang puluhan tahun menjadi penguasa Kota Pasuruan. Toyib sendiri berlatarbelakang mantan ASN dan juga pengusaha yang kini terjun ke politik. 

"Saya mengalir saja. Bagi saya semua ini adalah jalan pengabdian pada masyarakat," kata Toyib. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: