Perbedaan Matcha dan Green Tea, Terlihat Serupa Sebenarnya Tak Sama!

Perbedaan Matcha dan Green Tea, Terlihat Serupa Sebenarnya Tak Sama!

Yuk cari tahu perbedaan green tea dan matcha--freepik

HARIAN DISWAY - Olahan makanan dan minuman berbahan dasar matcha menjadi favorit masyarakat dalam beberapa tahun terakhir. Tak sedikit orang yang merasa matcha adalah teh hijau atau green tea.

Tidak salah memang. Tapi sebenarnya kurang tepat menyamakan matcha dan green tea.

Meskipun pada dasarnya matcha dan green tea berasal dari tumbuhan yang sama, yakni tanaman Camellia Sinensis. Namun, hasil akhir atau bentuk produk keduanya yang saling membedakan.

Sederhananya, green tea produk akhirnya berupa dedaunan sedangkan matcha produk akhirnya berupa bubuk. 

Berikut penjelasan selengkapnya mengenai perbedaan matcha dan green tea:


Penyajian green tea --freepik

1. Perbedaan Cara Pengolahan Matcha dan Green Tea

Cara pengolahan matcha dan green tea memiliki berbeda. Secara umum green tea ditanam di bawah sinar matahari secara langsung dan setelah dipetik akan melalui proses pengeringan.

Proses pengeringan di bawah sinar matahari tersebut bertujuan untuk menghindari oksidasi daun agar warna daun tidak berubah menjadi cokelat.

Daun yang telah kering tersebut siap untuk dikonsumsi. 

Sedangkan matcha, ditanam di tempat teduh dan tidak terkena sinar matahari langsung. Hal tersebut dilakukan, agar karakteristik akhirnya sesuai dengan matcha pada umumnya.

Daun teh yang telah dikeringkan harus cepat diolah agar terhindar dari oksidasi. Daun teh tersebut akan ditumbuk tanpa batang dan serat daunnya sampai menjadi bubuk halus. 

2. Kandungan Matcha dan Green Tea

Karena berasal dari daun teh, matcha dan green tea punya kandungan bermanfaat yang sama. Seperti antioksidan yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh, metabolisme, dan mampu mengurangi radikal serta racun. 

Lalu terdapat kandungan L-theanine atau asam amino yang memberikan dorongan energi kafein yang dapat meningkatkan memori dan kreativitas. 

BACA JUGA:Musim Panas Memang Paling Enak Minum Es Dawet, Ini Cara Membuatnya

3. Perbedaan Rasa Matcha dan Green Tea

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: