Musim Panas Memang Paling Enak Minum Es Dawet, Ini Cara Membuatnya

Musim Panas Memang Paling Enak Minum Es Dawet, Ini Cara Membuatnya

Ini dia resep es dawet yang gampang banget dan bisa Anda buat sendiri di rumah. Cocok diminum saat musim panas dan cuaca yang sedang terik untuk melepas dahaga. --Istimewa/wisata.banjarnegarakab.go.id

SURABAYA, HARIAN DISWAY - Memasuki musim panas, banyak orang yang bersiap agar tubuh tetap sehat dan tak tumbang karena dehidrasi. Tapi yang menarik, para penjual es kini banyak diburu karena bisa melepas dahaga.

Apalagi kalau cuaca lagi panas-panasnya. Salah satu es yang mantap dan legendaris adalah es dawet. Minuman tradisional ini cocok buat diminum saat cuaca sedang terik. Jadi favorit dan disuka banyak orang karena rasanya yang manis dan segar.

Agar lebih puas minumnya, Anda bisa membuatnya sendiri di rumah, lho. Resepnya juga mudah dan pasti anti gagal. Untuk membuatnya, Anda bisa membagi bahan untuk cendol, sirup, dan kuah santan terlebih dahulu.

BACA JUGA: Rekomendasi Buat Para Foodies, Silakan Mencoba 10 Kuliner Tradisional Legendaris di Pasar Atom Surabaya

Pertama, siapkan beberapa bahan membuat cendol yang terdiri dari 50 gram tepung sagu aren, 75 gram tepung beras, 600 ml air, 1 sdt garam dan 700 gram es serut kasar.

Cara membuatnya gampang, pertama-tama larutkan tepung beras dan tepung sagu di dalam air dan garam. Masak sambil diaduk sampai meletup-letup dan kalis. Tuang adonan ke dalam cetakan cendol dan tekan di atas baskom yang berisi air es.

Saring cendolnya, sisihkan. Setelah cendol sudah jadi, Anda bisa mulai untuk meracik sirup gula merah. Bahan yang dibutuhkan adalah 300 gram gula merah sisir, 2 lembar daun pandan, 250 ml air, 1/4 sdt garam dan 5 buah nangka yang dipotong panjang.

BACA JUGA: Nyokelat Pol! Resep Chocolate Sponge Cake with Chocolate Ganache Ala Elin Sulivan Buat Penggemar Dessert

Langkah membuatnya cukup dengan rebus gula merah, air, daun pandan, dan garam di atas api kecil sampai kental. Jika sudah, tambahkan nangka dan aduk rata. Tunggu hingga matang dan sirup gula merah sudah siap.

Cendol dan sirup sudah selesai, selanjutnya Anda bisa menyiapkan kuah santan. Bahan-bahannya cukup dengan 500 ml santan dari 1/2 butir kelapa, 2 lembar daun pandan, 1/4 sdt garam.

Rebus beberapa bahan kuah santan tadi sambil diaduk sampai mendidih dan matang. Kini sudah lengkap, Anda bisa menyajikan es dawet gula merah untuk minuman segar favorit orang di rumah.

BACA JUGA: Loenpia Semarang Gang Lombok No. 11, Loenpia Tertua di Semarang sampai Generasi Kelima

Itulah resep es dawet yang gampang dan anti gagal dan bisa Anda kreasikan sendiri di rumah. Bagaimana mudah bukan membuatnya? (Meila Rizqya PY)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: