Waspada! 5 Penyakit yang Mengintai Karena Sering Makan Gorengan

Waspada! 5 Penyakit yang Mengintai Karena Sering Makan Gorengan

Gorengan memang enak, tapi Anda jangan sampai terlena karena dampaknya yang luar biasa bagi tubuh. --freepik

Obesitas adalah faktor risiko utama untuk diabetes melitus tipe 2 karena lemak berlebih dalam tubuh dapat menyebabkan inflamasi kronis dan gangguan metabolisme yang memperburuk resistensi insulin. 

3. Penyakit jantung


Penyakit jantung siap mengintai jika Anda terlalu banyak mengonsumsi gorengan. --freepik

Mengonsumsi gorengan dalam jumlah berlebihan dapat meningkatkan risiko penyakit jantung. Gorengan punya kandungan lemak tinggi yang berkontribusi pada peningkatan kadar kolesterol LDL (kolesterol jahat) dalam darah.

Kolesterol LDL yang tinggi dapat menyebabkan penumpukan plak di arteri, yang dikenal sebagai aterosklerosis. Kondisi ini dapat menghambat aliran darah dan meningkatkan tekanan darah, serta berpotensi memicu serangan jantung dan stroke. 

BACA JUGA: Inilah 5 Obat Asam Lambung Alami

Dengan demikian, mengurangi konsumsi gorengan dan memilih makanan yang lebih sehat adalah langkah penting untuk menjaga kesehatan jantung.

4. Kanker


Terlalu banyak mengonsumsi gorengan bisa memicu penyakit kanker yang berbahaya bagi tubuh. --Getty Images

Makanan gorengan yang digoreng dalam minyak pada suhu tinggi dapat meningkatkan risiko kanker melalui beberapa mekanisme. Ketika minyak dipanaskan pada suhu tinggi, senyawa berbahaya seperti akrilamida, heterosiklik amina (HCA), dan hidrokarbon aromatik polisiklik (PAH) dapat terbentuk.

Akrilamida, misalnya, terbentuk dari reaksi antara asam amino dan gula yang ditemukan dalam makanan, dan telah dikaitkan dengan peningkatan risiko kanker pada penelitian laboratorium terhadap hewan. Selain itu, minyak yang digunakan berulang kali untuk menggoreng makanan dapat menghasilkan senyawa oksidatif dan radikal bebas yang dapat merusak sel dan DNA hingga memicu proses karsinogenesis. 

BACA JUGA: 5 Manfaat Daun Kelor dalam Kesehatan

5. Mengganggu fungsi otak


Konsumsi gorengan yang terlalu banyak bisa menyebabkan fungsi otak terganggu dan tidak dapat bekerja secara maksimal. --freepik

Konsumsi makanan gorengan dalam jumlah yang berlebihan dapat berdampak negatif pada fungsi otak. Hal ini terjadi karena kandungan minyak yang digunakan berkali-kali dapat memicu kolesterol jahat yang pada gilirannya dapat menyebabkan penyumbatan pembuluh darah ke otak.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: