5 Tips Simpan Jarum Pentul Agar Tidak Berceceran

5 Tips Simpan Jarum Pentul Agar Tidak Berceceran

Jarum pentul. Barang kecil yang kadang digunakan tapi penting dan mudah hilang.--

HARIAN DISWAY - Jarum pentul adalah salah satu alat penting dalam kegiatan menjahit, menyulam, atau merangkai kerajinan tangan lainnya. Termasuk bagi yang berhijab, barang kecil ini sangat dibutuhkan. Namun, karena ukurannya yang kecil, Jarum pentul sering tercecer dan hilang. Bahkan bisa berbahaya jika terinjak. 

Berikut ini adalah lima tips yang dapat membantu Anda menyimpan jarum pentul dengan aman dan teratur, sehingga tidak tercecer dan mudah ditemukan saat dibutuhkan.

1. Gunakan Bantal Jarum (Pin Cushion)

Bantal jarum atau sering disebut dengan pin cushion adalah salah satu cara paling efektif untuk menyimpan jarum pentul. Bantal jarum biasanya terbuat dari kain yang diisi dengan bahan lembut seperti kapas atau wol, sehingga jarum bisa ditancapkan dengan mudah. Keuntungan menggunakan bantal jarum adalah jarum-jarum Anda akan selalu dalam keadaan tertancap dan tidak tercecer. 

Untuk membuat bantal jarum sendiri, Anda hanya memerlukan kain perca dan isian seperti dakron atau kapas. Potong kain dengan bentuk yang diinginkan, jahit sekelilingnya dan sisakan sedikit lubang untuk memasukkan isian. Setelah isian dimasukkan, jahit lubang tersebut dan bantal jarum Anda siap digunakan.


Ini adalah contoh bentuk bantalan buat jarum pentul.--

2. Manfaatkan Magnet

Magnet adalah alat yang sangat berguna untuk mengumpulkan dan menyimpan jarum pentul. Dengan menempelkan jarum pentul pada magnet, Anda dapat memastikan bahwa jarum-jarum tersebut tidak akan tercecer. Magnet juga sangat efektif digunakan untuk mencari jarum yang jatuh di lantai atau di antara lipatan kain. Anda bisa menggunakan magnet batang atau magnet datar yang ditempelkan pada permukaan logam atau papan kerja Anda. Beberapa produk khusus untuk penyimpanan jarum pentul bahkan sudah dilengkapi dengan magnet, sehingga lebih praktis digunakan.


Magnet juga bisa digunakan untuk menyimpan jarum pentul.--

3. Simpan dalam kotak jarum

Kotak jarum khusus adalah solusi penyimpanan yang sangat praktis dan aman. Kotak ini biasanya memiliki beberapa kompartemen yang memungkinkan Anda menyortir jarum pentul berdasarkan ukuran atau jenisnya. Beberapa kotak jarum bahkan dilengkapi dengan tutup transparan sehingga Anda dapat melihat isinya tanpa harus membuka kotak. Anda bisa membeli kotak jarum khusus di toko perlengkapan jahit atau membuatnya sendiri dari bahan-bahan bekas seperti kotak permen atau tempat obat yang sudah tidak terpakai. Pastikan kotak tersebut memiliki penutup yang rapat agar jarum pentul tidak mudah tumpah.


menyimpan jarum pentul dalam kotak juga menjadi piilihan yang baik.--

4. Gunakan Tempat Pil (Pill Organizer)

Tempat pil atau pill organizer adalah alat yang sangat berguna untuk menyimpan jarum pentul dengan rapi. Tempat pil biasanya memiliki beberapa kompartemen kecil yang bisa digunakan untuk memisahkan jarum berdasarkan ukuran atau jenisnya. Selain itu, tempat pil biasanya memiliki penutup yang rapat, sehingga jarum pentul tidak akan tercecer. Tempat pil bisa dibeli di apotek atau toko perlengkapan rumah tangga. Pilih tempat pil yang memiliki kompartemen cukup banyak dan penutup yang mudah dibuka-tutup. Dengan menggunakan tempat pil, Anda bisa membawa jarum pentul ke mana saja dengan aman dan praktis. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: