Jokowi Resmikan PLN Hub di IKN Nusantara, Jadi Pusat Kebijakan Transisi Energi Hijau

Jokowi Resmikan PLN Hub di IKN Nusantara, Jadi Pusat Kebijakan Transisi Energi Hijau

Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo (kanan) ketika mendengar pemaparan dari Direktur Utama PLN, Darmawan Prasodjo (kiri) tentang pembangunan Integrated Renewable Energy Zone pertama dan terbesar di Tanah Air atau PLN Hub di pusat Ibu Kota Negara (IKN-Media PLN UID Jawa Timur-

PENAJAM PASER UTARA, HARIAN DISWAY - Presiden Indonesia, Joko Widodo (Jokowi) meresmikan pembangunan PLN Hub, pusat ekosistem transisi energi dan layanan digital pertama dan terbesar di Indonesia, Rabu, 5 Juni 2024. 

Lokasi PLN Hub itu terletak di jantung Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. Dalam sambutannya, Jokowi menyampaikan bahwa PLN Hub akan menjadi tempat bertemunya para pemangku kepentingan (stakeholder) terkait energi dan layanan digital.

"Saya sangat menghargai sekali dibangunnya PLN Hub yang nanti akan mengumpulkan semua stakeholder dan mitra yang berhubungan dengan PT PLN," terang Presiden Jokowi, 5 Juni 2024.

Mantan Wali Kota Solo tersebut optimis bahwa keberadaan PLN Hub akan mempercepat transisi energi dan menarik investasi ke IKN.

BACA JUGA:PLN Sambut Hari Lingkungan Hidup Sedunia, Libatkan Ratusan Pegawai Bersihkan Pantai Mangrove Sedati


Seremoni groundbreaking pembangunan PLN Hub di Pusat IKN yang dilakukan oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (tengah), Menteri Sekretaris Negara Praktikno (paling kanan), Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono (paling kiri)-Media PLN UID Jawa Timur-

"Setiap ada investor yang ingin masuk ke Indonesia, baik data center, selalu yang ditanyakan energi hijaunya ada atau tidak. Ada orang ingin masuk lagi, ingin membangun industri alumunium selalu yang ditanyakan adalah bapak bisa menyediakan energi hijau atau tidak," lanjutnya.

Direktur Utama PT PLN (Persero), Darmawan Prasodjo, menjelaskan bahwa PLN Hub bukan hanya kantor PLN, melainkan ekosistem besar yang menampung mitra dan jejaring bisnis yang berkolaborasi terkait transisi energi.

"Kami sudah berkomunikasi dengan mitra dan jejaring bisnis kami yang merupakan berbagai top companies internasional. Kolaborasi dengan mereka akan terus berlanjut dengan berkantor di IKN," terang Darmawan.

Darmawan juga menegaskan komitmen PLN untuk mendukung pengembangan IKN dengan energi bersih.

Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) berkapasitas 50 megawatt (MW) direncanakan beroperasi penuh pada 17 Agustus mendatang.

BACA JUGA:Dukungan PLN untuk Hilirisasi Industri, Selesaikan Pasokan Tambah Daya Smelter PT Freeport Indonesia

"Akhir tahun lalu, Bapak Presiden sudah meresmikan groundbreaking PLTS di IKN dan kami jalankan tugas kami. InsyaAllah upacara 17 agustus nanti di IKN listriknya sudah secara penuh berbasis energi baru terbarukan. Kami juga sudah mempersiapkan hydro power di sekitar IKN, sehingga secara jangka panjang listriknya tetap 100% dari EBT," kata Darmawan.

PLN Hub dibangun di lokasi strategis.Lokasi PLN Hub bejarak hanya 1 kilometer dari Istana Negara dengan luas 1,39 hektare.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: