Dukungan PLN untuk Hilirisasi Industri, Selesaikan Pasokan Tambah Daya Smelter PT Freeport Indonesia

Dukungan PLN untuk Hilirisasi Industri, Selesaikan Pasokan Tambah Daya Smelter PT Freeport Indonesia

PLN operasikan tambah daya 170 MVA Smelter PT Freeport Indonesia-Media PLN UID Jawa Timur-

SURABAYA, HARIAN DISWAY - PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi (UID) Jawa Timur menunjukkan komitmennya terhadap hilirisasi industri di Indonesia.

Hal itu dibuktikan PLN dengan menyelesaikan pasokan tambah daya tahap keempat sebesar 170 MVA untuk PT Freeport Indonesia di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) JIIPE Gresik.

Awalnya, dijadwalkan beroperasi pada Desember 2024. Tapi, PLN melakukan percepatan sehingga suplai listrik dapat dipenuhi lebih awal pada 1 Juni 2024. 

BACA JUGA:Prestasi PLN Sepanjang 2023, Raih Hattrick Laba Bersih Tertinggi Sejak 2021


PLN mendukung hilirisasi industri di Indonesia dengan memasok tambah daya untuk Smelter PT Freeport Indonesia-Media PLN UID Jawa Timur-

Langkah itu merupakan kelanjutan dari tiga tahap sebelumnya, yaitu tahap pertama 30 MVA (September 2023). Lalu tahap kedua 60 MVA (Februari 2024), dan tahap ketiga 110 MVA (1 April 2024).

General Manager PT PLN (Persero) UID Jawa Timur, Agus Kuswardoyo menegaskan kecukupan dan keandalan pasokan listrik adalah kunci penting untuk mendorong pertumbuhan ekonomi, khususnya di sektor industri dalam negeri.

"PLN siap mendukung penuh kebutuhan pasokan listrik PT Freeport Indonesia yang akan mulai beroperasi secara bertahap pada bulan Juni 2024 ini," papar Agus Kuswardoyo. 

BACA JUGA:PLN Sosialisasikan Keamanan Kelistrikan, Undang Mahasiswa dan Media

Operasional smelter itu diharapkan menstimulus pertumbuhan industri-industri turunan dan menciptakan efek domino positif bagi pertumbuhan perekonomian di Kabupaten Gresik juga Jawa Timur.

Smelter Freeport Indonesia  merupakan salah satu proyek strategis dalam hilirisasi industri mineral di Indonesia. PLN berkomitmen penuh dalam menyuplai daya listrik yang dibutuhkan melalui Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) dengan operator PT Berkah Kawasan Manyar Sejahtera.

Kepercayaan yang diberikan kepada PLN diiringi dengan peningkatan pelayanan terbaik dan keandalan pasokan. Sehingga operasional smelter lancar dan produksinya dapat semakin meningkat.

BACA JUGA:Melek Digital Tingkatkan Human Capital Pegawai PLN

Pada pengoperasian tahap keempat,  Chief Electrical Engineer PT Freeport Indonesia Deeri Rahmat Setyawan dan perwakilan PT Berkah Kawasan Manyar Sejahter, Muhammad Haris Jauhari, hadir langsung dan menyampaikan apresiasi atas kesigapan PLN. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: