Enggak Kompak! Real Madrid Koreksi Pernyataan Ancelotti, Bakal Ikut Piala Dunia Antarklub 2025

Enggak Kompak! Real Madrid Koreksi Pernyataan Ancelotti, Bakal Ikut Piala Dunia Antarklub 2025

REAL MADRID koreksi pernyataan Ancelotti, bakal ikut Piala Dunia Antarklub 2025. Foto: Real Madrid merayakan trofi edisi 2022.-Khaled Desouki-AFP

Dari yang awalnya hanya diikuti oleh satu perwakilan dari 6 federasi (biasanya juara Liga Champions dan yang setara dengan itu) plus tuan rumah, menjadi 32 tim. Setiap federasi sedikitnya mengirim 4-12 tim. Kecuali Oseania, yang jatahnya hanya 1 tim.

BACA JUGA:Statistik Menjanjikan Kylian Mbappe Sebelum Gabung Real Madrid, Los Blancos Bakal Jual...

Sistemnya juga jadi seperti Piala Dunia timnas yang digelar empat tahun sekali. Ada penyisihan grup, lalu babak knockout. Sang juara sedikitnya harus menempuh 7 pertandingan.

Nah, sisi positifnya, acara itu jadi persis Piala Dunia timnas. Yakni digelar 4 tahun sekali. Sedangkan pertemuan dua lambang supremasi sepak bola dunia, juara Liga Champions versus juara Copa Libertadores, dikembalikan ke Piala Interkontinental. 

Dalam wawancara dengan Il Giornale, Ancelotti terang-terangan mengatakan: "FIFA bisa melupakannya. Para pemain dan klub tidak akan berpartisipasi dalam turnamen itu."

"Satu pertandingan Real Madrid bernilai 20 juta (sekitar Rp 350 miliar) dan FIFA ingin membagikan jumlah itu untuk seluruh peserta. Enggak banget. Seperti kami, klub lain akan menolak undangan tersebut," tegasnya.

BACA JUGA:Wow! Segini Gaji Kylian Mbappe di Real Madrid, Vinicius-Bellingham Lewat!

BACA JUGA:Menanti Debut Kylian Mbappe di Real Madrid, Ini Perkiraan Tanggalnya

Bulan lalu, asosisasi pemain dunia Fifpro dan Asosiasi Liga Dunia (WLA), yang mencakup para pemain Premier League, melancarkan protes pada FIFA. Mereka merasa tidak diajak berkonsultasi mengenai rencana perubahan format Piala Dunia Antarklub.


REAL MADRID koreksi pernyataan Ancelotti, bakal ikut Piala Dunia Antarklub 2025. Foto: Gianni Infantino saat menghadiri Piala Dunia Antarklub 2021. -Khaled Desouki-AFP

Fifpro dan WLA meminta FIFA untuk menjadwal ulang turnamen tersebut. Mereka juga mengancam akan mengambil tindakan hukum jika FIFA menolak.

CEO Premier League Richard Masters sebelumnya mengatakan bahwa kalender sepak bola akan "mencapai titik kritis" dengan jumlah pertandingan yang dijadwalkan FIFA dan UEFA.

BACA JUGA:Timeline Saga Transfer Kylian Mbappe ke Real Madrid: Kejar-Kejaran Sejak 2017

Namun, Presiden FIFA Gianni Infantino bergeming. Ia malah meminta Fifpro dan WLA menghentikan "perdebatan sia-sia" tersebut.

"Bahkan dengan Piala Dunia Antarklub FIFA yang baru dengan 32 tim dan 63 pertandingan setiap empat tahun, itu hanya 1% dari jadwal pertandingan yang harus dilakoni klub-klub top dunia," kata Infantino.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: bbc