Bicara di KTT untuk Gaza, Prabowo Sindir Negara-Negara Maju Tapi Melanggar Hukum Humaniter Internasional

Bicara di KTT untuk Gaza, Prabowo Sindir Negara-Negara Maju Tapi Melanggar Hukum Humaniter Internasional

Menhan RI Prabowo Subianto berbicara di forum KTT khusus Gaza di Amman, Yordania pada Selasa, 11 Juni 2024-Kemhan RI-

YORDANIA, HARIAN DISWAY - Menteri Pertahanan (Menhan) RI Prabowo Subianto menegaskan kembali dukungan pemerintah dan rakyat Indonesia atas kemerdekaan serta kedaulatan Palestina.

Hal itu disampaikan Prabowo dalam Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) tanggap darurat Gaza bertajuk ‘Call for Action: Urgent Humanitarian Response for Gaza' yang digelar di Amman, Yordania, Selasa, 11 Juni 2024.

“Pemerintah Indonesia dan rakyat Indonesia sekali lagi menegaskan dukungan paling kuat bagi kemerdekaan dan kedaulatan Palestina sebagai solusi nyata atas konflik di Palestina dan di Gaza,” tegas Prabowo.

Mengawali pidatonya, Prabowo mengapresiasi langkah Yordania, Mesir, dan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) yang telah menginisiasi terselenggaranya Konferensi Tingkat Tinggi untuk Gaza ini.

BACA JUGA:Prabowo Tiba di Yordania, Konferensi Gaza Antara Indonesia, Mesir, Yordania, dan PBB Dimulai Besok

Lebih lanjut, Prabowo menyoroti negara-negara yang menganggap diri mereka sebagai bangsa yang modern dan beradab tetapi melakukan tindak kejahatan serta pelanggaran hukum humaniter internasional.

Terlebih, yang menjadi korban adalah warga sipil dan infrastruktur sipil yang kemudian hal-hal itu disebut Prabowo sebagai bentuk pelanggaran tidak langsung terhadap hukum perang modern.

“Kami menyerukan kepada semua negara besar untuk menggunakan pengaruh mereka yang besar untuk menegakkan konvensi hukum internasional,” imbuh Prabowo.

Sebagai bagian dari masyarakat internasional, Prabowo mengatakan Indonesia turut mendukung sejumlah langkah strategis menuju terciptanya perdamaian, termasuk proposal gencatan senjata yang salah satunya diajukan oleh Presiden Amerika Serikat, Joe Biden.

BACA JUGA:Prabowo Tiba di Yordania, Wakili Jokowi di Konferensi Tanggap Darurat Gaza

Indonesia juga siap berkontribusi pada semua upaya yang menuju kepada gencatan senjata di Gaza dan mengambil peran usai gencatan senjata terlaksana.

“Indonesia siap berkontribusi pada semua upaya yang dapat mengarah pada gencatan senjata segera dan mengambil bagian dalam semua tahapan setelah gencatan senjata segera tersebut,” ujarnya.

Pada KTT itu, Prabowo juga menegaskan bahwa Indonesia akan terus berkontribusi untuk mewujudkan gencatan senjata dan meyakini bahwa solusi dua negara (two-state solution) merupakan solusi akhir atas konflik yang terjadi di antara Palestina – Israel.

“Meskipun kami bersedia mendukung dan berkontribusi pada semua upaya ini, solusi akhir untuk masalah ini adalah solusi dua negara (two-state solution).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: