Kaya Akan Elektrolit, Air Tebu Punya Khasiat yang Luar Biasa untuk Tubuh

Kaya Akan Elektrolit, Air Tebu Punya Khasiat yang Luar Biasa untuk Tubuh

Tak hanya rasanya yang manis dan jadi andalan pelepas dahaga, air tebu juga punya segudang khasiat yang sangat bagus untuk kesehatan tubuh. --istockphoto

3. Memberi asupan energi instan


Gula alami yang terdapat pada tebu bisa menjadi salah satu sumber energi yang instan bagi tubuh. --WHO, P2PTM Kementerian Kesehatan

Air tebu, yang diekstrak dari batang tanaman tebu, memiliki khasiat yang bagus sebagai sumber energi instan. Minuman ini kaya akan gula alami, seperti sukrosa, fruktosa, dan glukosa, yang mudah diserap oleh tubuh dan cepat diubah menjadi energi. 

BACA JUGA: 5 Manfaat Sirsak untuk Ibu Hamil

Ketika dikonsumsi, kandungan gula ini dengan cepat meningkatkan kadar glukosa dalam darah, memberikan dorongan energi yang instan. Selain itu, air tebu juga mengandung berbagai mineral penting seperti kalium, kalsium, magnesium, dan besi, yang mendukung fungsi tubuh secara keseluruhan dan membantu menjaga keseimbangan elektrolit.

4. Menjaga kesehatan ginjal


Air tebu memiliki khasiat yang luar biasa untuk kesehatan ginjal karena kandungan nutrisi dan elektrolitnya yang tinggi. --healthy

Air tebu, yang dikenal dengan rasa manis dan menyegarkan, memiliki berbagai khasiat yang bermanfaat untuk kesehatan ginjal. Kandungan air tebu yang kaya akan antioksidan dapat membantu melindungi sel-sel ginjal dari kerusakan oksidatif yang disebabkan oleh radikal bebas. 

Selain itu, air tebu juga memiliki sifat diuretik alami, yang membantu meningkatkan produksi urine. Ini dapat membantu membersihkan racun dan limbah dari tubuh, yang sangat penting untuk menjaga fungsi ginjal yang optimal. 

BACA JUGA: Mengenal VCO serta Kandungan dan Manfaatnya untuk Kesehatan

Kandungan nutrisi seperti kalium dalam air tebu juga berperan dalam menjaga keseimbangan elektrolit dalam tubuh, yang sangat penting untuk fungsi ginjal yang sehat. 

5. Membantu melawan kanker


Salah satu kiat yang bisa dicoba bagi para penderita kanker adalah dengan mengonsumsi sari air tebu yang punya khasiat luar biasa dengan kandungan antioksidan yang bagus. --Ciputra Hospital

Air tebu memiliki sejumlah khasiat yang dapat berperan dalam membantu melawan kanker. Salah satu komponen utama yang memberikan manfaat ini adalah antioksidan. 

Air tebu kaya akan flavonoid dan senyawa fenolik, yang dikenal memiliki sifat antioksidan kuat. Antioksidan ini berfungsi untuk melawan radikal bebas dalam tubuh yang dapat merusak sel dan DNA, yang merupakan salah satu penyebab utama perkembangan kanker. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: