Kaya Akan Elektrolit, Air Tebu Punya Khasiat yang Luar Biasa untuk Tubuh

Kaya Akan Elektrolit, Air Tebu Punya Khasiat yang Luar Biasa untuk Tubuh

Tak hanya rasanya yang manis dan jadi andalan pelepas dahaga, air tebu juga punya segudang khasiat yang sangat bagus untuk kesehatan tubuh. --istockphoto

SURABAYA, HARIAN DISWAY - Air tebu banyak disuka orang karena bisa jadi pelepas dahaga yang segar dan manis. Banyak juga yang menjualnya di pinggir jalan yang mudah ditemui. Air tebu juga menyimpan banyak manfaat yang efeknya sangat bagus untuk kesehatan tubuh.

Itulah kenapa minuman ini jadi incaran banyak orang. Tebu hampir tidak memiliki kandungan lemak, kolesterol, ataupun protein. Namun, ini mengandung natrium, kalium, kalsium, magnesium, dan zat besi, yang penting untuk tubuh.

Dalam 28,35 gram sari tebu murni, terkandung 113,43 kalori, 25,40 gram karbohidrat, 0,20 gram protein, dan 0,66 gram lemak. Tak hanya itu, kandungan elektrolit di dalamnya juga tak main-main. Berikut ini beberapa khasiat yang bisa Anda dapatkan saat minum air tebu

BACA JUGA: Mimisan dan Pendarahan Berlebihan Saat Luka Bisa Jadi Indikasi Penyakit, Kenali Jenis-Jenis Gangguan Pendarahan

1. Memperlancar sistem pencernaan


Kandungan nutrisi dari air tebu dapat membantu melancarkan sistem pencernaan tubuh. --RSAB Harapan Kita

Air tebu dikenal memiliki sejumlah manfaat bagi kesehatan, salah satunya adalah kemampuannya untuk memperlancar sistem pencernaan. Air tebu mengandung berbagai enzim alami, serat, dan senyawa antioksidan yang berperan penting dalam proses pencernaan. 

Enzim-enzim alami dalam air tebu membantu memecah makanan lebih efisien, sehingga mempermudah penyerapan nutrisi oleh tubuh. Selain itu, serat dalam air tebu berfungsi untuk meningkatkan volume feses dan memperlancar gerakan usus, mencegah sembelit. 

Kandungan senyawa antioksidan dalam air tebu juga membantu melindungi dinding usus dari kerusakan oksidatif dan peradangan, yang dapat meningkatkan kesehatan saluran pencernaan secara keseluruhan. 

BACA JUGA: Wanita Ternyata Butuh Asupan Nutrisi Khusus Untuk Mendukung Fungsi Utama Tubuh, Apa Saja

2. Membantu perkembangan tulang dan gigi


Kandungan kalsium dan fosfor pada tebu dapat membantu menjaga kesehatan gigi. --freepik

Kalau menengok jauh ke belakang, batang tebu sering digunakan di zaman dahulu untuk membantu perkembangan tulang dan gigi. 

Selain jadi hiburan bagi anak-anak dan remaja, kandungan kalsium dan fosfor dalam tebu dapat menunjang perkembangan sistem kerangka, tulang, dan gigi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: