Mimisan dan Pendarahan Berlebihan Saat Luka Bisa Jadi Indikasi Penyakit, Kenali Jenis-Jenis Gangguan Pendarahan

Mimisan dan Pendarahan Berlebihan Saat Luka Bisa Jadi Indikasi Penyakit, Kenali Jenis-Jenis Gangguan Pendarahan

Kenali berbagai jenis gangguan pendarahan berikut perawatannya. Terdapat banyak jenis gangguan pendarahan. Ketahui beberapa tips untuk merawat dan mengobatinya.-rawpixel.com-freepik.com

HARIAN DISWAY - Gangguan pendarahan adalah kondisi yang mempengaruhi kemampuan darah untuk membeku dengan benar. Itu menyebabkan pendarahan berlebihan karena tidak ada penyumbatan darah di lokasi pendarahan tersebut. 

Penting untuk meningkatkan kesadaran tentang gangguan ini karena dapat berdampak signifikan terhadap kualitas hidup seseorang dan juga mengancam jiwa pada mereka yang menderita gangguan pendarahan parah. 

Dr Ganesh Jaishetwar, Sr. Konsultan Ahli Hematologi India, membahas berbagai jenis gangguan pendarahan, gejala, dan perawatan yang dapat dilakukan.

BACA JUGA: 5 Manfaat Sirsak untuk Ibu Hamil

Jenis Gangguan Pendarahan:

Hemofilia: Hemofilia adalah kelainan genetik yang disebabkan oleh defisiensi faktor pembekuan VIII atau IX. Ada dua jenis utama Hemofilia: Hemofilia A (defisiensi faktor VIII) dan Hemofilia B (defisiensi faktor IX).

Penyakit Von Willebrand: Penyakit Von Willebrand (VWD) adalah kelainan perdarahan bawaan yang paling umum, disebabkan oleh defisiensi atau disfungsi faktor Von Willebrand, yang membantu pembekuan darah.

Gangguan Fungsi Platelet: Gangguan ini ditandai dengan ketidakmampuan trombosit untuk membentuk sumbat yang tepat untuk menghentikan pendarahan.

BACA JUGA:Mengenal VCO serta Kandungan dan Manfaatnya untuk Kesehatan

Gejala Gangguan Pendarahan dapat berupa:

  1. Pendarahan berlebihan akibat luka ringan atau cedera.
  2. Sering mimisan.
  3. Pendarahan menstruasi yang berat pada wanita.
  4. Mudah memar mudah.
  5. Pendarahan pada sendi atau otot dengan atau tanpa trauma apapun di sana 
  6. Darah dalam urin atau tinja.


Kenali berbagai jenis gangguan pendarahan berikut perawatannya. Salah satu jenis gangguan pendarahan adalah hemofilia. Yakni kelainan genetik yang menyebabkan pembekuan darah.-freepik-freepik.com

BACA JUGA:7 Cara Efektif Menghilangkan Mata Sembap Setelah Menangis dengan Cepat

Pilihan pengobatan:

Tindakan pencegahan: Pada pasien yang diketahui mengalami gangguan perdarahan atau kecenderungan mengalami perdarahan hebat/trauma, dapat menghindari jenis olahraga atau aktivitas yang melibatkan kontak fisik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: indiatvnews.com