Pemenang Surabaya Tourism Award 2024 (7): Pura Agung Jagat Karana Simbol Kemajemukan yang Kuat dalam Kultural-Spritual

Pemenang Surabaya Tourism Award 2024 (7): Pura Agung Jagat Karana Simbol Kemajemukan yang Kuat dalam Kultural-Spritual

Pemenang Surabaya Tourism Award 2024: Pura Agung Jagat Karana (7). Pura Agung Jagat Karana mendapat julukan "Balinya Surabaya" karena lekat dengan kultur Bali.-Sahirol Layeli-HARIAN DISWAY

Tahun ini, pura tersebut mendapat juara 2. "Kami sudah dua kali mengikuti STA. Tahun 2023 kami menjadi juara 2 kategori Service Excellence. Kali ini juara 2 kategori Culture & Religion Based Tourism. Kami bersyukur atas raihan ini," ujar Prof I Ketut Aria Pria Utama, usai menerima penghargaan dalam event awarding STA pada 26 Mei 2024.

Ketika itu pakar Teknik Perkapalan ITS sekaligus ketua banjar Surabaya itu didampingi oleh I Made Sudiantara dan Ketua bidang Wisata Pura Agung Jagat Karana I Made Timi.


Pemenang Surabaya Tourism Award 2024: Pura Agung Jagat Karana (7). Ruang mandala utama Pura Agung Jagat Karana yang hanya difungsikan untuk ibadah.-Sahirol Layeli-HARIAN DISWAY

"Ke depan kami akan berupaya lebih baik lagi. Melakukan penataan dan pengembangan di areal pura. Apalagi Pura Agung Jagat Karana adalah salah satu ikon wisata di Surabaya," tambahnya.

"Akan lebih banyak lagi agenda-agenda yang berkaitan dengan seni tradisi. Wisatawan perlu tahu tentang kekayaan budaya Nusantara ini. Terutama tradisi khas Bali. Jadi jika tak berkesempatan ke Pulau Dewata, bisa berkunjung ke pura kami," ungkap Made. 

Pura itu juga menjadi tanda kemajemukan di kalangan warga Surabaya. Kota Pahlawan dihuni oleh masyarakat dari berbagai suku, ras, dan agama. Kekayaan itu yang dimunculkan kembali, salah satunya lewat gelaran STA. (Guruh Dimas Nugraha)

BACA SELANJUTNYA: Pemenang Surabaya Tourism Awards 2024 (8) Elmi Hotel Perkaya Kuliner Nusantara

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: harian disway