Polri Tangkap Buronan Kasus TPPO Modus Ferienjob Jerman di Italia

Polri Tangkap Buronan Kasus TPPO Modus Ferienjob Jerman di Italia

Banner promosi program magang di Jerman yang ternyata adalah modus penipuan.-Disway.id-

HARIAN DISWAY -  Bareskrim Polri menangkap buronan kasus dugaan tindak pidana perdagangan orang (TPPO) dengan modus magang di Jerman atau ferienjob.

Kadiv Hubinter Polri Irjen Krishna Murti mengatakan buronan tersebut bernama Enyk Waldkoenig ditangkap di Italia.

"Enyk Waldkoenig, tersangka TPPO Ferienjob tertangkap di Italia pada Rabu, 12 Juni 2024," ujar Krishna, dalam keterangannya, Kamis, 13 Juni 2024.

Penangkapan itu, lanjutnya, dilakukan oleh otoritas Italia hasil koordinasi Interpol Indonesia. Kini, pihaknya tengah berkomunikasi dengan kepolisian Italia untuk membawa pulang Enyk.

"Divhubinter Polri bersama Bareskrim akan kirim Tim bawa pulang Enyk Waldkoenig," tutur jenderal bintang dua itu. 

Sebelumnya, Direktorat Tindak Pidana Umum (Dittipidum) Bareskrim Polri berhasil membongkar jaringan internasional tindak pidana perdagangan orang (TPPO) dengan modus mengirim mahasiswa magang ke Jerman melalui program ferienjob atau kerja paruh waktu.

Total ada 5 orang yang telah ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus ini. Mereka adalah ER, 39; A, 37; SS, 65; AJ, 52; dan MZ, 60.

Atas perbuatannya, para tersangka dikenakan Pasal 4 UU No. 21 Tahun 2007 Tentang Pemberantasan TPPO dengan ancaman penjara paling lama 15 tahun penjara dan denda Rp 600 juta.

Kemudian Pasal 81 UU No 17 Tahun 2017 tentang perlindungan pekerja migran Indonesia, dengan ancaman pidana penjara paling lama sepuluh tahun dan pidana denda paling banyak Rp 15 miliar. (*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: