Launching Kota Lama Surabaya Mundur, Dibarengkan Green Force Run 2024 pada...

Launching Kota Lama Surabaya Mundur, Dibarengkan Green Force Run 2024 pada...

Potret Surabaya Kota Lama kawasan Eropa di malam hari.-Sahirol Layeli-Harian Disway-

SURABAYA, HARIAN DISWAY - Launching Kota Lama SURABAYA mundur dari jadwal semula pada 31 Mei 2024, bertepatan dengan puncak Hari Jadi Kota SURABAYA (HJKS) ke-731. Peresmian kawasan bersejarah ini diundur ke akhir Juni 2024.

Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi mengungkapkan, launching Kota Lama akan dihelat bersamaan dengan Green Force Run 2024 pada tanggal 23 Juni 2024. Ajang lari tahunan yang digagas PT Persebaya Indonesia ini memasuki penyelenggaraan ketiganya.

"Kota Lama Insyaallah kita resmikan di Green Force Run tanggal 23 Juni. Jadi sekaligus kita resmikan, sekaligus lari," ujar Eri Cahyadi, Jumat, 14 Juni 2024.

Pada penyelenggaraan kali ini, Green Force Run 2024 menghadirkan rute yang berbeda dari tahun sebelumnya. Ribuan peserta akan diajak berlari melintasi spot-spot ikonik dan bersejarah di kawasan Kota Lama Surabaya.

BACA JUGA:Belum Diresmikan, Jukir Liar Kawasan Kota Lama Surabaya Sudah Bikin Pusing

BACA JUGA:Menengok Wacana Surabaya Kutho Lawas (1): Target Launching Akhir Tahun untuk Sambut Tahun Baru

Di sisi lain, Pemkot Surabaya terus melakukan pembenahan untuk melengkapi berbagai ornamen di Kawasan Kota Lama Surabaya. Hal ini dilakukan agar kawasan ini mampu menyaingi daya tarik Kota Tua Jakarta dan Kota Lama Semarang.

Salah satu contoh pembenahan adalah pemasangan ornamen aksara Tionghoa di kawasan Pecinan Kembang Jepun. Selain itu, Pemkot Surabaya juga terus berbenah terkait utilitas, seperti penanaman kabel bawah tanah.

"Tempat untuk kabel sudah ada. Jadi kita rapikan. Kalau sudah ada yang mau kita turunkan langsung. Tapi kami diberi waktu sampai 2025," jelas Eri Cahyadi.


Potret Kawasan Surabaya Kota Lama ramai pengunjung di malam hari.-Sahirol Layeli-Harian Disway-

Berbagai persiapan terus dilakukan Pemkot Surabaya untuk menyambut launching Kota Lama. Evaluasi yang dilakukan sejauh ini menunjukkan progres yang positif.

Pemkot Surabaya juga berencana melibatkan komunitas-komunitas di Surabaya agar kawasan Kota Lama semakin semarak.

"Kita persiapkan komunitas, jadi ada komunitas persiapan baju Eropa, becak yang di sana kita jadikan satu gaya dan baju beda. Dan mobil jeep, jadi kita gerakan komunitas-komunitas yang menjaga Kota Lama biar komunitas bersama-sama meramaikan," papar Eri Cahyadi.

Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi merasa bersyukur atas antusiasme warga yang sudah mulai ramai mengunjungi Kota Lama.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: