Ingin Happy di Akhir Bulan? Yuk Intip Tip Irit Tanpa Dompet Melilit

Ingin Happy di Akhir Bulan? Yuk Intip Tip Irit Tanpa Dompet Melilit

Ingin happy di akhir bulan? Yuk intip tip irit tanpa dompet melilit. Foto: Menabung sejak dini sangat perlu untuk menata masa depan. --Pinterest

HARIAN DISWAY - Baru saja gajian, sudah masuk akhir bulan saja nih! Bagaimana kabar rekening, aman? Pernahkah Anda berpikir kenapa gaji bulanan selalu cepat habis? Bahkan hampir semua orang menghabiskan uang gaji sebelum tanggal gajian berikutnya.

Tidak jarang untuk mengantisipasi hal tidak diinginkan, Anda menggunakan kartu kredit dan pinjaman online. Tapi kebiasaan ini justru memperburuk keadaan dan status finansial.

Kebutuhan setiap orang memang beda. Banyak tagihan yang harus dibayarkan setiap bulannya. Tapi Anda harus punya prioritas dalam sebulan. Ingat! dahulukan kebutuhan bukan keinginan.

BACA JUGA: Takut Kalap Belanja di Puncak Promo 12.12? Ini Tips & Trik Belanja Cerdas dan Hemat

Selain prioritas, ada faktor lain yang sering membuat overbudget. Faktor lain ini terutama gaya hidup Anda. Kalau Anda hidup dengan sederhana dan sesuai kebutuhan otomatis ada sedikit uang yang bisa ditabung.

Menyederhanakan gaya hidup tidak harus sengsara lho. Kuncinya ada pada prioritas kebutuhan. Hangout sesekali juga boleh sebagai bentuk self reward asal nggak melebihi budget yang sudah ditentukan di awal. 

Tidak bisa dipungkiri Anda juga suka nongkrong bersama rekan kerja atau teman lama. Tapi kenapa nggak ajak saja mereka ke rumah? Di sana Anda bisa tetap ngobrol dan nggak perlu mengeluarkan banyak untuk ngopi dan ngemil.

BACA JUGA: Takut Kalap Belanja di Puncak Promo 12.12? Ini Tips & Trik Belanja Cerdas dan Hemat

Kalau jajan, sudah pasti harus dikurangin, apalagi jajan yang mahal seperti di restoran besar dan elit. Lebih baik kasih batas minimal jajan untuk setiap harinya, supaya bisa jadi patokan.. 

Banyak orang sering kali kesulitan mengatur dan mengelola keuangan. Dalam hal ini diperlukan kedisiplinan dan komitmen tinggi, agar plan yang udah disiapkan berjalan dengan sesuai. Yuk intip tip irit yang bisa Anda coba.

1. Buat skala prioritas kebutuhan bulanan

Setiap awal bulan tulis catatan kebutuhan yang harus dipenuhi terlebih dahulu, usahakan list skala mulai dari kebutuhan primer. Jika list sudah terpenuhi, bisa di-checklist sebagai tanda bahwa kebutuhan sudah terpenuhi.

BACA JUGA: Super Hemat! Ini Dia Promo 10.10 Holideals Tiket.com Beserta Kode Diskonnya, Bisa Hemat Sampai Rp 1,5 Juta

2. Alokasikan 10 persen gaji untuk ditabung setiap bulan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: