Kiat Hemat saat Tinggal di Kota Besar, Salah Satunya Tetapkan Prioritas Anda

Kiat Hemat saat Tinggal di Kota Besar, Salah Satunya Tetapkan Prioritas Anda

Boros Hidup di Kota Besar? Ikuti Tips ini supaya Anda Hemat--pinterest

HARIAN DISWAY- Hidup di kota besar memang menawarkan banyak peluang dan kemudahan. Namun, biaya hidup yang tinggi sering menjadi tantangan.

Jika Anda merasa boros dan ingin lebih hemat, berikut adalah beberapa tips yang bisa Anda terapkan untuk mengelola keuangan dengan lebih baik tanpa harus mengorbankan kenyamanan.

1. Buat Anggaran dan Catat Pengeluaran

Langkah pertama untuk mengontrol keuangan adalah membuat anggaran bulanan. Rinci pengeluaran rutin seperti sewa, utilitas, transportasi, dan kebutuhan sehari-hari.

Jangan lupa mencatat setiap pengeluaran, sekecil apa pun. Dengan begitu, Anda bisa melihat pola pengeluaran dan mengetahui area mana yang bisa dikurangi.


Kiat Hemat saat Tinggal di Kota Besar, Salah Satunya Tetapkan Prioritas Anda. Membuat catatan anggaran dan pengeluaran dapat membuat Anda berhemat saat hidup di kota besar.-jcomp-freepik.com

BACA JUGA:Menjelajahi Rahasia Salat Tahajud dan Dhuha: Menuju Kehidupan Penuh Barokah

2. Kurangi Makan di Luar

Makan di restoran atau memesan makanan secara online memang praktis. Tapi biayanya bisa sangat besar jika dilakukan terlalu sering.

Cobalah untuk lebih sering memasak di rumah. Selain lebih hemat, memasak sendiri juga bisa lebih sehat. Buat rencana menu mingguan dan belanja bahan makanan sesuai kebutuhan untuk menghindari pemborosan.

3. Manfaatkan Transportasi Umum

Menggunakan transportasi umum seperti bus, kereta, atau angkutan kota bisa jauh lebih murah dibandingkan dengan menggunakan kendaraan pribadi.

BACA JUGA:Intip Zodiak: Kehidupan Pribadi Cancer Diprediksi akan Mengalami Perubahan Signifikan dalam Pekan Ini

Selain menghemat biaya bahan bakar dan parkir, Anda juga membantu mengurangi kemacetan dan polusi. Jika memungkinkan, carilah tempat tinggal yang dekat dengan pusat transportasi umum.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: