International Aikido Friendship Seminar, Datangkan Shihan dari Rumania

International Aikido Friendship Seminar, Datangkan Shihan dari Rumania

International Aikido Friendship Seminar, datangkan shihan dari Rumania. Suasana latihan International Aikido Friendship Seminar di gedung PJSI Judo Surabaya.-Sahirol Layeli-HARIAN DISWAY

SURABAYA, HARIAN DISWAY - Dorin Marchis, shihan atau guru beladiri Aikido menunjukkan teknik kuncian dan bantingan. Pemilik ban 6 asal Rumania itu mempraktikkan cara mencengkeram pergelangan tangan lawan.

Dengan gerakan memutar ke atas dan tubuh sedikit bergerak ke samping, lawan dengan mudah dibanting ke tanah. Begitu pula bila tangannya dipegang oleh lawan. Ia menunjukkan cara melepaskan kuncian tersebut dan balik menyerang.

Itulah suasana International Aikido Friendship Seminar yang digelar Aikido Kakuyuukai Indonesia cabang Surabaya. Kegiatan itu berlangsung di PJSI Judo Surabaya, Jalan Dr Ir H Soekarno, Surabaya, pada 14 Juni 2024.

International Aikido Friendship Seminar, datangkan shihan dari Rumania. Shihan Dori dari Rumania memimpin sesi latihan Aikido di gedung PJSI Judo Surabaya.-Sahirol Layeli-HARIAN DISWAY

BACA JUGA:Tim Pencak Silat Indonesia Juara Umum SEA Games 2023

Sebanyak 40 peserta Aikido dari berbagai daerah hadir dalam event tersebut. Bersama-sama berlatih dan satu per satu mempraktikkan apa yang diajarkan oleh Dorin.

Sensei Haris Martono, salah seorang peserta kegiatan, menyebut bahwa Dorin memiliki kelebihan dalam mengontrol posisi lawan. "Jika ada lawan yang masuk ke lingkaran Dorin, ia punya teknik pas untuk mengontrol kemudian melempar lawannya. Dengan gerakan spiral," ujarnya.

Aikido merupakan seni beladiri defence atau bertahan. Jika tidak diserang, maka seorang ahli Aikido tidak akan menyerang. Hal itu berbeda dengan seni beladiri lain yang memiliki agresifitas.

"Aikido itu jika tidak disentuh, maka tidak akan diserang. Kami memiliki teknik bantingan, kuncian, ada semua," ujar Dedy Setio, ketua pelaksana Aikido Friendship Seminar.

BACA JUGA:Kodam V/Brawijaya Seleksi 56 Atlet Pencak Silat Teratas

Beladiri itu berasal dari Jepang dan berpusat di Iwama. Aikido tidak bisa dipertandingkan, karena beladiri itu memiliki filosofi bukan untuk bertanding. Melainkan sebagai sarana mempertahankan diri atau self-defense.

International Aikido Friendship Seminar, datangkan shihan dari Rumania. Shihan Dorin mempraktikkan cara melepaskan diri dari kuncian lawan.-Sahirol Layeli-HARIAN DISWAY

"Hari ini kami mendapat fasilitas dari Kadispora Jatim untuk menyelenggarakan acara ini. Ada beberapa sensei yang turut hadir. Mereka bisa diketahui dari hakama yang dikenakan," ungkapnya.

Hakama adalah bawahan berwarna hitam yang berukuran lebar. Jika laki-laki telah mengenakan hakama, maka ia adalah sensei, atau pemilik sabuk hitam. Namun untuk perempuan, setelah naik dari sabuk putih menuju tingkat selanjutnya, langsung mengenakan hakama.

BACA JUGA:Pesan Gus Ipul di Kejuaraan Pencak Silat Kapolresta Pasuruan Cup

"Kalau perempuan memang seperti itu. Mengenakan hakama setelah naik tingkat. Di tempat ini ada beberapa yang belum ber-hakama. Itu artinya masih di bawah sabuk hitam. Maka porsi latihan yang diberikan adalah latihan-latihan dasar," ujar pria 56 tahun itu. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: