Unair: UKT Tetap, Prestasi Meningkat

Unair: UKT Tetap, Prestasi Meningkat

Kampus FISIP Universitas Airlangga Surabaya.-unair.ac.id-

RAPAT PIMPINAN yang dihadiri Rektor Universitas Airlangga Prof Dr Muhammad Nasih, para wakil rektor, sekretaris universitas, para dekan, dan wakil dekan digelar Kamis, 13 Juni 2024. Rapat diselenggarakan di Hotel Oakwood Surabaya. Selain membicarakan soal penerimaan mahasiswa baru jalur UTBK, rapat juga membahas perkembangan posisi Universitas Airlangga di jajaran perguruan tinggi (PT) lain di dunia.

Menurut Rektor, bisa menjadi bagian dari 500 PT terbaik dunia saja sudah merupakan kemajuan dan prestasi yang membanggakan bagi Universitas Airlangga. “Apalagi sekarang posisi Universitas Airlangga berada pada ranking 308 dunia menurut QS WUR. Tentu hal ini menjadi sebuah karunia yang luar biasa,” kata Nasih dalam pembukaan acara rapat pimpinan. 

Selain ranking menurut QS WUR, prestasi yang berhasil dicapai Universitas Airlangga di tahun 2024 menurut THE (Times Higher Education) adalah ranking 81 dunia dan ranking 1 untuk bagian No Poverty atau tidak adanya kemiskinan di dunia. 

Dasar penilaian THE adalah kinerja PT dalam menyukseskan tujuan Suistainable Development Goals (SDGs). Tidak hanya masuk kategori 500 besar dunia, Universitas Airlangga ternyata telah berhasil masuk ranking 100 PT besar dunia. Ini tentu prestasi yang membanggakan.

BACA JUGA:Unair Terima 2.831 Peserta Jalur SNBT, Rektor: Kaya Atau Miskin Berhak Dapat Pendidikan Yang Baik

BACA JUGA: Rektor Unair Tegaskan Netralitas di Pilkada 2024: Ini Pesan untuk Ketua IKA Unair Khofifah Indar Parawansa!

UKT Tetap, Prestasi Meningkat

Bagi Universitas Airlangga, ranking sebetulnya bukanlah tujuan yang sengaja dikejar melalui berbagai usaha. Meraih prestasi dan menduduki posisi di ranking 308 menurut QS WUR atau masuk ranking 81 versi THE adalah konsekuensi logis dari kerja keras semua civitas akademika.  Dalam sambutannya, Rektor menyatakan dengan nada setengah bercanda, bahwa motto Universitas Airlangga: UKT Tetap, Prestasi Meningkat.

Dalam arahannya, Rektor menegaskan bahwa masih banyak tantangan dan tugas yang harus dihadapi ke depan. Keberhasilan meraih ranking yang terus meningkat, perlu diimbangi dengan praktik-praktik pembelajaran yang juga makin berkualitas. 

Di lingkungan PT, telah disadari bahwa subjek utama pembelajran adalah mahasiswa. Jadi, apa pun penghargaan dan prestasi yang berhasil diraih Universitas Airlangga, semua ujung-ujungnya harus dapat dirasakan manfaatnya bagi mahasiswa.

Seperti diketahui, menurut laporan terbaru Quacquarelli Symonds World University Rankings (QS WUR), Universitas Airlangga dilaporkan berhasil menempati ranking 308 PT terbaik di dunia dan sekaligus memperoleh penghargaan sebagai The Most Improved University in Asia

BACA JUGA:Sumur Bor Sumbangan IKA Unair Cabang Tulungagung Atasi Kesulitan 120 Orang Warga Desa Tenggarejo Dapatkan Air Bersih

BACA JUGA:Melalui Program AMERTA, IKA Unair Cabang Tulungagung Sumbang Sumur Bor untuk Warga Desa Tenggarejo

Bagi Universitas Airlangga, penghargaan dan kenaikan ranking ini tentu membanggakan. Ini bukan sekadar bentuk apresiasi dari kerja keras seluruh civitas akademika, tetapi juga penghargaan yang diharapkan akan bermanfaat bagi masa depan mahasiswa dan para lulusan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: