Sumur Bor Sumbangan IKA Unair Cabang Tulungagung Atasi Kesulitan 120 Orang Warga Desa Tenggarejo Dapatkan Air Bersih

Sumur Bor Sumbangan IKA Unair Cabang Tulungagung Atasi Kesulitan 120 Orang Warga Desa Tenggarejo Dapatkan Air Bersih

Peresmian bantuan sumur bor dan tangki air dari IKA Unair Cabang Tulungagung untuk masyarakat Tulungagung yang langsung diresmikan oleh PJ Bupati Tulungagung Heru Suseno pada Minggu, 19 Mei 2024. -IKA Unair Cabang Tulungagung-

TULUNGAGUNG, HARIAN DISWAY - Membantu warga Tenggarejo, Tanggunggunung, Tulungagung, mengatasi permasalahan kesulitan air bersih yang kerap terjadi selama beberapa tahun terakhir, Ikatan Alumni (IKA) Universitas Airlangga (Unair) Cabang Tulungagung, membangun sumur bor.

Bantuan itu telah diserahkan oleh PJ Bupati Tulungagung Heru Suseno pada Minggu, 19 Mei 2024. Tentu saja warga Tenggarejo yang menerimanya senang. “Sebab satu tangki ini bisa digunakan selama seminggu setiap kepala keluarga,” ujar Kepala Desa Tenggarejo Mudjito.

Sebelumnya, warga harus membeli setidaknya satu tangki air dengan kapasitas 4 ribu liter yang dibanderol sebesar Rp 250 ribu. Bila dikalkulasikan selama satu bulan, angka tersebut akan mencapai Rp 1 juta.

BACA JUGA: Bandar Sabu Tulungagung Digulung, Polisi Sita 251,17 Gram

"Jumlah itu cukup besar. Bagi masyarakat yang tidak mampu akan mengandalkan bantuan dari Pemkab Tulungagung maupun pihak lainnya. Kalau tidak ada bantuan, kami mengusung air dari belik (sumber air),” jelasnya.
Sumur bor dan tangki air bantuan dari IKA Unair Cabang Tulungagung untuk masyarakat Tulungagung khususnya di Desa Tenggarejo. -IKA Unair Cabang Tulungagung-Yang membaut nahas, proses pengambilan air dari sumbernya itu bukanlah kegiatan yang mudah. Untuk mendapatkan air bersih, masyarakat harus menyusuri jalan setapak menggunakan motor modifikasi yang disesuaikan dengan medan jalan.

Sementara bagi yang tidak punya sarana angkut itu harus jalan kaki menggendong atau memikulnya. Oleh karena itu, IKA Unair bergerak membantu masyarakat Tulungagung melalui Aksi Merdeka Air dan Tanaman untuk Alam (AMERTA).

BACA JUGA: Polres Tulungagung Beri Bantuan Warga Terdampak Bencana Alam 

Berkolaborasi dengan Persatuan Ahli Penyakit Dalam Indonesia (PAPDI) Surabaya, Ikatan Alumni Penyakit Dalam (IPD) Unair, berbuatbaik.id, LMI, Rumah Zakat, Alumni Psikologi Universitas Airlangga (Apsilangga), dan Pemkab Tulungagung.
Pemanfaatan air dari sumur bor yang dibangun IKA Unair Cabang Tulungagung untuk kebutuhan tanam masyarakat Tulungagung. -IKA Unair Cabang Tulungagung- 

Atas bantuan yang sedianya diserahkan Ketua Umum Pengurus Pusat IKA Unair Khofifah Indar Parawansa, Heru yakin bantuan itu bermanfaat untuk masyarakat. “Selanjutnya tugas kita, warga, dan Pemkab Tulungagung adalah menjaga dam melanjutkan,” katanya.

Heru mengungkapkan dalam Rencana Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (RAPBD) 2025, terdapat program pipanisasi yang akan direalisasikan pemerintah secara bertahap. “Sehingga warga bisa menikmati air sumur bor ini langsung dari rumah masing-masing,” ujarnya.

BACA JUGA: Usai Coblosan, Polres Tulungagung Ajak Warga Jaga Kerukunan

Saat ini, warga yang memanfaatkan air dari sumur bor tersebut mencapai 120 jiwa. “Selanjutnya kami akan mengalirkannya ke 250 meteran air supaya warga bisa mengakses air bersih dari rumah masing-masing,” tandas Kepala Dusun Tenggar Arif Darmawan. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: peresmian sumur air bantuan ika unair untuk masyarakat tulungagung