Dor…, Pasukan TNI Tembak 1 OPM dan 1 Desertir

Dor…, Pasukan TNI Tembak 1 OPM dan 1 Desertir

Danis Murib merupakan seorang desertir TNI yang terakhir berpangkat Prajurit Dua (Prada), anggota Satgas Yonif 527/Baladibya Yudha Kodam V/Brawijaya, yang tengah melaksanakan tugas operasi militer di Papua.-Foto: Satgas Media Koops Habema-

HARIAN DISWAY - Pasukan TNI terus melakukan pengejaran terhadap anggota Organisasi Papua Merdeka (OPM) setelah kelompok itu menembak warga sipil di Distrik Paniai Timur, Kabupaten Paniai. Para anggota OPM pimpinan Undius Kogoya sebelumnya melakukan penembakan dan pembakaran warga. 

Mereka lalu melarikan diri dari lokasi kejadian di wilayah Distrik Paniai Timur menuju Distrik Bibida, yang lokasinya saling bersebelahan dan masih masuk wilayah Kabupaten Paniai. Operasi pengejaran TNI berlanjut dengan keberhasilan merebut wilayah Distrik Bibida, yang selama ini dikuasai oleh OPM, pada Jumat, 14 Juni 2024. 

Keberhasilan perebutan wilayah Bibida rupanya tidak menyurutkan niat OPM untuk terus mengganggu keamanan serta situasi kondusif di wilayah Bibida. 

Menghadapi upaya gangguan OPM tersebut, para tokoh masyarakat yang mewakili suara para warga Bibida, telah menyampaikan dukungannya terhadap operasi pengejaran dan penindakan kepada OPM. Berdasarkan siaran pers Satgas Media Koops Habema, akhirnya pada Senin, 17 Juni 2024, Panglima Komando Gabungan Wilayah (Kogabwilhan) III Letjen TNI Richard Tampubolon memerintahkan Panglima Komando Operasi (Koops) Habema beserta Komandan Komando Pelaksanaan Operasi (Dankolakops) dan Komandan Pasukan Nanggala Kopassus untuk melanjutkan operasi pengejaran. 

BACA JUGA:4 Rumah Dinas Seharga Rp 7 Milyar di Intan Jaya Dibakar Separatis Papua

BACA JUGA:Banyak Pesawat Ditembaki KKB, Kemenhub Pastikan Bandara-Bandara di Papua Tetap Beroperasi

Alhasil, operasi tersebut membuahkan hasil dan prajurit TNI berhasil menembak dua orang OPM, salah satunya terkonfirmasi beridentitas Danis Murib, pascakontak tembak. Perlu diketahui Danis Murib merupakan seorang desertir TNI yang terakhir berpangkat Prajurit Dua (Prada), anggota Satgas Yonif 527/Baladibya Yudha Kodam V/Brawijaya, yang tengah melaksanakan tugas operasi militer di Papua. 

Danis Murib telah melaksanakan kelana yudha dengan meninggalkan Pos Moanemani Baru di wilayah Distrik Kamu, Kabupaten Dogiyai, Prov. Papua Tengah, pada 14 April 2024 pukul 10.20 WIT yang lalu.

Keberhasilan Prajurit TNI menembak Danis Murib telah menunjukkan profesionalisme Prajurit TNI. Lebih lanjut, keberhasilan tersebut juga telah menambah deretan nama-nama tokoh OPM yang telah mati dan mengurangi kekuatan mereka. "Keberhasilan Prajurit TNI menembak dua orang OPM, salah satunya Desertir Danis Murib, di Bibida, telah mereduksi kekuatan OPM yang tentunya berdampak positif menjaga stabilitas keamanan demi kelancaran proses percepatan pembangunan di Papua," ucap Richard Tampubolon pascakontak tembak di Bibida. (*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: