Kalah 0-2 dari Jerman, Pelatih Hungaria: Wasit Standar Ganda!

Kalah 0-2 dari Jerman, Pelatih Hungaria: Wasit Standar Ganda!

KALAH 0-2 dari Jerman, pelatih Hungaria: Wasit standar ganda! Foto: Ilkay Gundogan (kiri) merayakan gol Jamal Musiala.-Fabrice Coffrini-AFP

HARIAN DISWAY - Hungaria dipastikan tersingkir dari putaran final Euro 2024. Dari dua pertandingan, timnas berjuluk Magyar itu sudah kalah dua kali. Gagal mendapatkan angka sama sekali.

Di matchday kedua, 20 Juni 2024, Dominik Szoboszlai dkk takluk kepada Jerman, sang tuan rumah Euro, dengan skor 0-2. Gol-gol timnas Jerman dibukukan Jamal Musiala dan Ilkay Gundogan, masing-masing di babak pertama dan kedua.

Meski skor itu terlihat wajar, ternyata kubu Hungaria sangat tidak puas. Manajer Hongaria, Marco Rossi, bahkan menuduh wasit Danny Makkelie menerapkan standar ganda.

BACA JUGA:Jerman vs Hungaria 2-0: Der Panzer Jadi Tim Pertama yang Lolos ke 16 Besar Euro 2024

Hal itu terjadi setelah gol kontroversial Jamal Musiala terjadi pada menit ke-22. Menurut Marco Rossi, gol itu seharusnya dianulir. Karena sebelumnya para pemain Jerman terlihat melakukan pelanggaran.

Ya, Rossi dan para pemainnya sangat marah karena Ilkay Gundogan tidak ditegur, baik oleh Makkelie atau VAR. Karena penyerang Barcelona itu terlibat kontak dengan bek Hungaria Willi Orban. Gundogan seperti "mendorong" Orban sampai jatuh.


KALAH 0-2 dari Jerman, pelatih Hungaria: Wasit standar ganda! Foto: Ilkay Gundogan (kanan) menyenggol Willi Orban di kotak penalti.-Fabrice Coffrini-AFP

Dari sudut pandang kamera televisi, kontak antara Ilkay Gundogan dan Willi Orban cukup ringan. Gundogan tidak dengan sengaja mendorong lawannya sampai jatuh. Sehingga, secara fair, keputusan wasit Danny Makkelie mengesahkan gol Musiala tidak salah.

BACA JUGA:Prediksi Jerman vs Hungaria: Langkah Der Panzer ke 16 Besar Bakal Mulus

BACA JUGA:Rekap Euro 2024: Jerman dan Spanyol Puncak Klasemen Sementara Grup A dan B

Tapi, gol itu fatal buat Hungaria. Ia menjadi awal dari kekalahan, sekaligus mengakhiri kampanye mereka di Euro 2024. Marco Rossi dengan sinis bertanya-tanya, apakah tim dengan nama yang lebih besar selalu mendapat perlakuan berbeda dari wasit.

"Apa yang dilakukan wasit malam ini, itu standar ganda," kata Marco Rossi kepada Guardian.

Ia mengacu pada insiden di babak kedua. Ketika gelandang Jerman Robert Andrich terjatuh di kotak penaltinya sendiri, dan Hungaria dicatat melakukan pelanggaran.

"Dari sudut pandang saya, Jerman pasti akan menang. Mereka jelas lebih kuat dari kami. Tapi malam ini yang penampilannya paling buruk adalah wasit," kecamnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: the guardian