Waduh! Harga Minyak Goreng Minyakita Naik Jadi Rp 15.500 Pekan Depan

Waduh! Harga Minyak Goreng Minyakita Naik Jadi Rp 15.500 Pekan Depan

Stok Minyakita di toko grosir.-bianca chairunnisa-

SURABAYA, HARIAN DISWAY - Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan, mengumumkan bahwa harga eceran tertinggi (HET) minyak goreng rakyat atau Minyakita akan mengalami kenaikan menjadi Rp15.500 per liter dalam waktu dekat. 

Hal ini dikonfirmasi Zulhas, sapaan karibnya saat menghadiri Forum Sinergitas Eksport di Hotel Westin Surabaya, Kamis, 20 Juni 2024.

"Sudah kami bicarakan dan dibahas (tentang kenaikan HET Minyakita, red)," ucap Zulhas sambil menuju ke lift. 

BACA JUGA:Kemendag Tunda Kenaikan HET Minyak Goreng Minyakita hingga Lebaran 2024

Saat ditanya kapan jadwal kenaikan harga. "Minggu depan," ucap Zulhas singkat, beberapa detik sebelum pintu lift benar-benar tertutup.

Sebagaimana diketahui, HET Minyakita saat ini berada pada level Rp 14.000 per liter. Kemendag kemudian mengusulkan kenaikan Rp 1.500, sehingga harga minyak bersubsidi itu menjadi Rp 15.500 per liter.


Peluncuran Minyakita yaitu minyak goreng kemasan sederhana dengan harga Rp 14.000 --

"Kenaikan ini penting untuk mengikuti perubahan nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat yang saat ini sudah melebihi Rp16.000," ujarnya di Jakarta, Rabu, 19 Juni 2024 kemarin.

BACA JUGA:Polisi Bongkar Produsen Minyak Kita Palsu di Malang

Selain itu, kenaikan harga Minyakita sejalan dengan upaya menyesuaikan harga dengan kenaikan bahan pokok lainnya di pasaran, seperti beras, yang juga mengalami kenaikan harga.

"Karena sekarang, di pasar, harga beras juga naik. Beras premium yang tadinya Rp10.900 per kg, sekarang menjadi Rp12.500 per kg. Kenaikannya Rp1.600 per kg," tambahnya.

Adanya kenaikan HET Minyakita diharapkan bisa membantu menjaga stabilitas pasokan dan harga bahan pokok bagi masyarakat Indonesia. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: