Bisa Selamatkan Nyawa Orang Lain! Lakukan Heimlich Manuver saat Ada yang Tersedak

Bisa Selamatkan Nyawa Orang Lain! Lakukan Heimlich Manuver saat Ada yang Tersedak

Pelajarilah teknik heimlich maneuver biar nggak panik saat ada orang yang tersedak! Menggunakannya dalam kondisi darurat bisa menolong nyawa lho. --iStockphoto

HARIAN DISWAY - Pernahkah Anda melihat orang panik karena ada yang tersedak? Rasanya ingin menolong, tapi bingung harus bagaimana? Tenang, Anda tidak sendiri! Banyak orang yang panik dalam situasi tersebut.

Tapi, jangan khawatir! Ada cara mudah untuk menolong orang yang tersedak, yaitu dengan heimlich maneuver. Teknik ini bisa menyelamatkan nyawa lho! Lakukan dengan pengetahuan yang cukup dengan menyimak bahasan berikut.

Apa itu Heimlich Maneuver?

Heimlich maneuver adalah teknik pertolongan pertama untuk orang yang tersedak benda asing. Teknik ini disebut dengan mengambil nama dari penemunya yakni dr. Henry Heimlich, seorang dokter asal Amerika Serikat.

BACA JUGA: Keracunan Makanan: Kenali Gejala dan Langkah-Langkah Pertolongan Pertamanya

Kapan Heimlich Maneuver Dilakukan?

Heimlich maneuver dilakukan ketika seseorang tidak bisa bernapas karena tersedak benda asing. Tanda-tanda orang yang tersedak dan membutuhkan pertolongan dengan teknik heimlich manuver itu antara lain:

  • Batuk yang tidak terkontrol

  • Kesulitan berbicara

  • Mencengkeram leher

  • Wajah membiru

  • Kehilangan kesadaran

Bagaimana Cara Melakukan Heimlich Maneuver?

Berikut langkah-langkah melakukan heimlich maneuver pada orang dewasa. Perhatikan betul agar Anda tak salah menerapkan. Dari gambar berikut ini setidaknya Anda akan mendapatkan gambaran caranya. Detailnya sebagai berikut:
Teknik heimlich maneuver pada orang dewasa yang bisa diterapkan. Perhatikan betul agar bisa dilakukan dengan benar. --STIKES Telogorejo

  1. Berdirilah di belakang orang yang tersedak.

  2. Lingkarkan lengan di sekitar pinggang orang tersebut.

  3. Kepalkan satu tangan dan letakkan di atas pusar, tepat di bawah tulang dada.

  4. Genggam kepalan tangan dengan tangan lainnya.

  5. Tekan perut ke atas dengan gerakan menarik ke atas dan ke dalam secara cepat dan kuat, seperti gerakan mendorong bayi keluar dari rahim.

  6. Ulangi gerakan menekan hingga benda tersangkut keluar atau orang tersebut mulai batuk atau bernapas kembali.

BACA JUGA: Pentingnya Menguasai Teknik CPR, Pertolongan Pertama Pada Korban Insiden Itaewon

Bagaimana Jika Orang yang Tersedak adalah Bayi?

Pada bayi, heimlich maneuver dilakukan dengan cara yang sedikit berbeda dengan yang dilakukan kepada orang dewasa. Tentu ada hal-hal yang perlu diterapkan dengan lebih hati-hati mengingat yang Anda tolong adalah seorang bayi.
Gambaran cara menerapkan teknik heimlich manuver pada bayi. Tentu harus dilakukan dengan cara yang sangat hati-hati. --About Kids Health

  1. Tepuk punggung bayi dengan kuat sebanyak lima kali.

  2. Jika benda tersangkut belum keluar, letakkan bayi di atas lengan bawah Anda dengan posisi telungkup.

  3. Tekan punggung bayi dengan kuat sebanyak lima kali di antara tulang belikat.

  4. Ulangi langkah 1 dan 3 hingga benda tersangkut keluar atau bayi mulai batuk atau bernapas kembali.

Bagaimana Jika Yang Tersedak adalah Diri Sendiri?

Selain menolong orang lain baik itu dewasa atau bayi, bisa jadi Anda sendiri bisa mengalaminya. Jika Anda tersedak dan tidak ada orang di sekitar yang bisa menolong, Anda bisa kok melakukan heimlich maneuver pada diri sendiri. Caranya:

  1. Kepalkan satu tangan dan letakkan di atas pusar, tepat di bawah tulang dada.

  2. Genggam kepalan tangan dengan tangan lainnya.

  3. Tekan perut ke atas dengan gerakan menarik ke atas dan ke dalam secara cepat dan kuat, seperti gerakan mendorong bayi keluar dari rahim.

  4. Ulangi gerakan menekan hingga benda tersangkut keluar atau Anda mulai batuk atau bernapas kembali.

BACA JUGA: Keracunan Makanan: Kenali Gejala dan Langkah-Langkah Pertolongan Pertamanya

Bagaimana? Apakah sekarang Anda cukup paham dengan apa saja yang harus dilakukan dengan heimlich manuver. Meskipun begitu, ada yang masih perlu diingat tentang beberapa hal yang terkait dengannya. Yakni:

  • Jika orang yang tersedak masih sadar dan bisa batuk, jangan lakukan heimlich maneuver. Batuk adalah cara alami tubuh untuk mengeluarkan benda tersangkut.

  • Jika orang yang tersedak sudah tidak sadar, segera hubungi ambulans.

  • Pelajari heimlich manuver dan ajarkan kepada orang lain. Semakin banyak orang yang tahu teknik ini, semakin banyak nyawa yang bisa diselamatkan.

Yuk, sebarkan informasi ini! Dengan mengetahui heimlich maneuver, anda bisa menjadi pahlawan bagi orang yang tersedak. Ingat, panik tidak akan membantu. Tetap tenang dan lakukan heimlich manuver dengan tepat. (*)

Artikel ini ditulis oleh Cicik Ike Patriani, mahasiswa Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, peserta Magang Reguler Harian Disway

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: