Kesalahan Umum dalam Perawatan Kulit yang Membuat Pori-Pori Membesar

Kesalahan Umum dalam Perawatan Kulit yang Membuat Pori-Pori Membesar

Tampaknya sepele tapi pori-pori wajah yang besar sering kali menjadi masalah bagi banyak orang. Utamanya ya karena dapat membuat kulit tampak tidak rata dan rentan terhadap masalah seperti komedo dan jerawat. --iStockphoto

Beberapa orang dengan kulit berminyak menghindari pelembap karena takut akan membuat kulit mereka lebih berminyak. Namun, mengabaikan pelembap justru bisa membuat kulit memproduksi lebih banyak minyak sebagai respons terhadap kekeringan.

BACA JUGA:Kecantikan Bulan Biru Super, Baru Ada Lagi pada 2037

Cara menghindarinya: Gunakan pelembap ringan yang tidak menyumbat pori-pori (non-komedogenik). Pelembap berbasis air atau gel seringkali merupakan pilihan terbaik untuk kulit berminyak.

5. Tidak Menggunakan Tabir Surya

Paparan sinar matahari tanpa perlindungan bisa merusak kolagen di kulit, membuat pori-pori tampak lebih besar dan kulit menjadi kendur. Sinar UV juga dapat meningkatkan produksi minyak, memperburuk masalah pori-pori.

Cara menghindarinya: Gunakan tabir surya dengan SPF minimal 30 setiap hari, bahkan saat cuaca mendung. Pilih tabir surya yang cocok untuk jenis kulit Anda, seperti yang berlabel non-komedogenik untuk kulit berjerawat.

BACA JUGA: Fat Graft Jadi Tren Bedah Kecantikan yang Lagi Disukai, Simak Penjelasannya dari NMW Clinic Surabaya

6. Sering Menyentuh Wajah

Menyentuh wajah dengan tangan yang kotor dapat memindahkan kotoran dan minyak ke kulit, menyebabkan penyumbatan pori-pori. Selain itu, kebiasaan ini juga bisa menyebarkan bakteri yang memicu jerawat.

Cara menghindarinya: Hindari kebiasaan menyentuh wajah secara berlebihan. Cuci tangan secara teratur dan usahakan untuk tidak menyentuh wajah kecuali saat melakukan rutinitas perawatan kulit.

Menghindari kesalahan-kesalahan umum dalam perawatan kulit bisa membantu mencegah pori-pori membesar dan menjaga kulit tetap sehat dan bersih. Anda hanya tinggal mengawali langkahnya lalu dikerjakan secara konsisten.

BACA JUGA: Dekoratif Wantiyo: Konsep Kecantikan dan Kepedulian Tradisi

Pastikan untuk membersihkan wajah dengan benar, eksfoliasi dengan bijak, menggunakan produk yang sesuai, menjaga kelembapan kulit, selalu melindungi kulit dari sinar matahari, dan menghindari menyentuh wajah dengan tangan kotor.

Dengan perawatan yang tepat, Anda bisa mengurangi penampilan pori-pori besar dan menikmati kulit yang lebih halus dan sehat. Anda juga punya masalah yang sama? Silakan mencobanya. (*)

Artikel ini ditulis oleh Elok Afida Nur Aini, mahasiswa Universitas Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, peserta Magang Reguler di Harian Disway.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: