Khodam Masuk TikTok

Khodam Masuk TikTok

Cek Khodam masuk TikTok-Salman Muhiddin/Harian Disway-

Belakangan ini, tren cek khodam di TikTok menjadi viral. Fenomena ini menarik perhatian banyak orang. Tapi, apa sebenarnya khodam itu?

Khodam merupakan kata serapan dari bahasa Arab yang berarti pembantu, pengawal, atau penjaga. Dalam pemahaman umum, khodam sering diartikan sebagai sosok penjaga gaib yang bisa melindungi seseorang atau benda tertentu.

Di Jawa, khodam sering dikaitkan dengan perewangan. Khodam dipercaya memiliki berbagai bentuk, seperti macan putih, harimau, singa, nenek tua, dan lain sebagainya.

Namun, dalam perspektif Jawa Kuno, manusia tidak bisa dihuni oleh makhluk gaib. Manusia dianggap lebih mulia daripada makhluk bawah. Keajaiban atau kekuatan yang berasal dari khodam tidak sejalan dengan pemahaman Jawa.

Penting untuk menggunakan akal sehat dan tidak terjebak dalam dunia mistis yang menyesatkan. Jika ada yang bertanya tentang khodam, saya bisa menjawab dengan kelakar, seperti Khodam Tikus, Khodam Kecoa, Khodam Ulat Bulu, dan sebagainya.

Jika Anda ingin mengetahui khodam pendamping Anda, cobalah bertanya kepada minimal 3 orang yang memiliki kemampuan melihat gaib. Kemungkinan besar, Anda akan mendapatkan jawaban yang berbeda-beda.

Meskipun ada yang mengaku bisa melihat gaib secara terus-menerus, hal ini perlu diwaspadai. Kemungkinan besar, mereka berbohong atau mengalami halusinasi.

Ini juga berkaitan dengan Sadulur Papat atau Saudara Empat Manusia. Apa itu Sedulur Papat Kalimo Pancer?

Sadulur Papat Kalimo Pancer adalah unsur jiwa manusia yang terdiri dari Kakang Kawah, Adhi Ari-Ari, Getih, Puser, dan Pancer.

Masyarakat Jawa umumnya memahami Sedulur Papat sebagai sosok di luar diri manusia. Mereka dianggap sebagai makhluk yang menjaga diri manusia.

Ada yang mengatakan mereka adalah malaikat dan sejenis makhluk ghaib lainnya. Ada pula yang mengatakan jika bertemu sosok sedulurnya (saudara kembarnya), maka hidupnya akan bisa berubah secara drastis.

Tentu saya tidak menyalahkan pengertian dari mereka-mereka yang menganggap sedulur papat adalah makhluk personal. 

BACA JUGA:Cek Khodam di Live Tiktok Trending di Kalangan Gen-Z, Anies Baswedan Pun Bingung!

BACA JUGA:Nyesek! Ini Sinopsis Ipar Adalah Maut, Film yang Terinspirasi Kisah Perselingkuhan Viral di Tiktok

Karena kebanyakan orang yang sudah memahami ini memang berangkatnya beranggapan seperti itu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber:

Berita Terkait