Mengenang 20 Tahun Kejayaan Yunani di Euro 2004: Sang Kuda Hitam Penakluk Eropa!

Mengenang 20 Tahun Kejayaan Yunani di Euro 2004: Sang Kuda Hitam Penakluk Eropa!

Mengenang 20 tahun kejayaan Yunani di Euro 2004-X @EURO2024-

HARIAN DISWAY - Menunggu penentuan juara Euro 2024, membangkitkan nostalgia serupa dari turnamen yang sama 20 tahun lalu. Pada Euro 2004, Yunani mengejutkan dunia dengan keluar sebagai juara.

Euro 2004 dianggap sebagai turnamen yang penuh kejutan. Tim-tim kuat seperti Jerman, Italia, dan Spanyol terhenti di fase grup.

Hal itupun membuat pertandingan-pertandingan menegangkan di babak perempat final dengan munculnya tim-tim kuda hitam, salah satunya Yunani. 

Mulanya, Yunani sama sekali tak dijagokan untuk meraih gelar juara. Tapi, di akhir kompetisi mereka bisa membuktikan bahwa mereka bisa menjadi jawara Benua Biru. 

BACA JUGA:Gestur Kontroversial Jude Bellingham ke Bench Slovakia Picu Perdebatan, Ejekan atau...

Tuan Rumah Portugal Jadi Favorit Juara


Yunani berhasil mengalahkan tuan rumah, Portugal, di Euro 2004 dan meraih gelar juara-X @EURO2024-

Portugal menjadi salah satu kandidat juara Euro 2004 kala itu. Menyandang gelar tuan rumah, Selecao das Quinas (sebutan Timnas Portugal) sukses mengalahkan tim-tim besar, seperti Inggris di perempat final.

Kemudian Portugal juga bisa mengirim Belanda pulang di semifinal. Maka, mereka pun melaju ke partai puncak dan bertemu dengan Yunani. 

Namun, kesuksesan Cristiano Ronaldo cs itu tak berlanjut di partai puncak. Mereka tersungkur kala bersua Yunani di final dengan skor tipis 1-0.

BACA JUGA:Spanyol Hancurkan Georgia Setelah Tertinggal 0-1, Ini yang Dikatakan Luis de la Fuente Saat Jeda

Perjuangan Yunani Tumbangkan Tim Elit Eropa


Skuad juara Yunani ketika menjuarai Euro 2004 Portugal-getty image-

Perjalanan mengejutkan Yunani dimulai dengan mengalahkan Prancis di perempat final. Pada 1 Juli 2004, 20 tahun lalu, Yunani menghadapi Republik Ceko di semifinal Euro 2004.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber